Kepala BNPT: Pelaku Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar Lone Wolf tapi Modusnya Mirip JI

KEPALA Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal Polisi Boy Rafli Amar menyebut pelaku bom bunuh diri di Markas Polsek Astana Anyar adalah lone wolf alias pelaku tunggal yang tidak terkait dengan jaringan teroris tertentu.

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Meski begitu, masih diselidiki siapa yang membantunya, kata dia kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 7 Desember 2022.

BNPT dan Polisi perlu waktu untuk mengidentifikasi siapa terduga pelaku karena belum didapati teman-temannya. Ia berharap ada data pendukung seperti identitas yang didapat dari olah tempat kejadian perkara.

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

Polisi melakukan penjagaan di sekitar Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat

Photo :
  • ANTARA

Boy berterus terang belum bisa memastikan apakah pelaku terafiliasi dengan salah satu jaringan teroris. Namun, katanya, berdasarkan modus operandi yang dilakukan memang mirip dengan yang biasa dialakukan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dan Jamaah Islamiyah (JI).

Ajang World Water Forum di Bali, BNPT Ikut Dilibatkan untuk Cegah Terorisme

Kelompok JAD atau JI dalam beraksi, kata Boy, biasanya beraksi "dengan cara-cara modus operandi seperti ini". Namun, BNPT tidak akan gegabahn untuk sampai pada kesimpulan itu karena perlu data dan bukti serta penyelidikan lebih mendalam.

Ledakan diduga dari bom terjadi di Markas Polsek Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat. Dokumentasi videonya tersebar di grup whatsaap. Warga sekitar pun berhamburan gara-gara panik.

"Semoga Alloh SWT melindungi Kita Semua. Barusan Telah Terjadi BOM Bunuh Diri Di Polsek Astana Anyar," ujar netizen Iwan dalam grup Whatsapp tersebut, Rabu pagi.

Polsek Astana Anyar Bandung

Photo :
  • istimewa

Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Bandung Kombes Pol Aswin Sipayung membenarkan kejadian tersebut dan memastikan tempat kejadian telah diberi garis polisi untuk disterilkan.

"Bahwa ledakan Polsek sedang kegiatan apel pagi, tiba tiba ada laki-laki membawa senjata tajam kemudian ada ledakan dan pelaku pun meninggal di tempat," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya