Kapolri: Pelaku Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Agus Sujatno, Mantan Napi Teroris

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • dok Polri

VIVA Nasional – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkap pelaku bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar Kota Bandung, Rabu pagi. Pelaku berhasil terindentifikasi melalui pemeriksaan sidik jari dan face recognition.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

"Hasil pemeriksaan sidik jari dan kemudian juga kita lihat dari (pusat data) menyebutkan bahwa identitas pelaku adalah Agus Sujatno atau yang biasa dikenal dengan Agus Muslim," kata Kapolri di Bandung, Rabu 7 Desember 2022.

Listyo menyebut pelaku tercatat merupakan mantan terpidana kasus teror bom di Cicendo Kota Bandung Jawa Barat beberapa tahun lalu. "Yang bersangkutan pernah ditangkap karena peristiwa bom Cicendo dan sempat dihukum 4 tahun, dan 2021 yang bersangkutan bebas," katanya.

Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi

Bom Meledak di Astana Anyar Bandung

Photo :
  • Foto AP/Ahmad Fauzan

"Pelaku terafiliasi dengan JAD Bandung atau JAD Jabar dan saat ini tim terus bekerja untuk menuntaskan peristiwa yang terjadi," tambahnya.

Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Ibrahim Tompo menambahkan kasus ini masih ditangani dan dikembangkan berdasarkan pemeriksaan lokasi kejadian dan barang bukti yang didapatkan.

"Untuk spesifikasi bagaimana rangkaian kejadiannya, bagaimana peristiwa pelakunya kita verifikasi lagi kita cocokan data," terangnya.

Sebelumnya, ledakan bom bunuh diri terjadi di Kantor Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu pagi. Warga di sekitar kawasan itu yang mendengar ledakan tersebut langsung berhamburan ke luar bangunan. 

Kapolrestabes Bandung, Jawa Barat, Kombes Pol. Aswin Sipayung mengatakan pelaku bom bunuh diri di kantor Polsek Astanaanyar langsung tewas di lokasi pasca ledakan.

Aswin mengatakan peristiwa bom bunuh diri itu terjadi sekitar pukul 08.20 WIB ketika para anggota Polsek Astanaanyar sedang melakukan apel pagi. Aswin menambahkan pelaku bom bunuh diri itu berjenis kelamin laki-laki.

"Lelaki tersebut menerobos barisan apel pagi yang sedang dilaksanakan sembari mengacungkan senjata. Seketika, anggota menghindar, tak lama kemudian ada ledakan," kata Aswin di lokasi pascaledakan, Kota Bandung, Rabu.

Hingga saat ini, polisi masih menutup akses ruas Jalan Astana Anyar, sehingga kendaraan baik roda dua maupun roda empat tidak dapat melintasi jalan tersebut. Polsek Astana Anyar pun dikosongkan sementara guna mengamankan lokasi kejadian. 

Sejumlah personel Brimob sedang melakukan olah tempat kejadian perkara pasca ledakan itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya