Ridwan Kamil Sebut Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar sebagai 'Aksi Kecil Sporadis'

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berbicara kepada pers tentang penanganan bencana gempa bumi di Kantor Bupati Cianjur, Jumat, 25 November 2022.
Sumber :
  • ANTARA/Devi Nindy

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau seluruh ketua RT dan RW tetap waspada dengan memantau wilayahnya masing-masing usai insiden ledakan bom bunuh diri di Markas Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat.

Sekda Depok Maju Pilkada, Minta Dukungan Ridwan Kamil

"Saya imbau (ketua) RT/RW di Jawa Barat untuk terus memantau dinamika yang ada di lingkungan terdekatnya. Kalau ada hal-hal atau tamu yang mencurigakan, segera diambil tindakan-tindakan yang terukur," kata Ridwan Kamil di Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu, 7 Desember 2022.

Dia juga meminta masyarakat tetap tenang dalam menghadapi peristiwa tersebut. Dia mengklaim, hingga kini kondisi Jawa Barat masih dalam keadaan aman dan terkendali.

Tuding Pj Gubernur Jawa Barat Tidak Netral saat Pemilu 2024, Hakim MK: Tak Ada Saksinya

Ridwan Kamil tinjau lokasi ledakan bom bunuh diri di Astana Anyar Bandung

Photo :
  • Instagram @ridwankamil

"Insyaallah, Jawa Barat masih aman dan terkendali karena ini aksi kecil sporadis yang mencoba mengganggu psikologis warga Jawa Barat. Insyaallah, warga Jabar kuat dan tidak kalah oleh terorisme," katanya.

Warga Dikejutkan Penemuan Mayat Bayi Laki-laki di Kali Cikeas

Tetap tenang namun waspada

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari mengutuk keras segala aksi terorisme bom bunuh diri yang dilakukan oleh eks narapidana terorisme Agus Sujarno atau Agus Muslim di Polsek Astana Anyar.

Ineu juga menyampaikan rasa duka terhadap korban jiwa, baik yang meninggal dunia atau luka-luka, akibat ledakan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar.

"Tentunya kami turut prihatin atas kejadian ledakan bom di Polsek Astana Anyar, dan bagi korban yang meninggal dunia, kami turut berduka, semoga keluarganya diberikan ketabahan," kata Ineu.

Bom Meledak di Astana Anyar Bandung

Photo :
  • AP Photo/Kholid Parmawinata

Dia berharap seluruh masyarakat Jawa Barat tetap tenang namun waspada setelah ledakan bom bunuh diri yang menewaskan pelaku dan seorang polisi tersebut.

Terlibat peristiwa bom Cicendo

Kepala Polri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan pelaku bom bunuh diri di Markas Polsek Astana Anyar teridentifikasi bernama Agus Sujarno atau Agus Muslim yang pernah ditangkap karena terlibat peristiwa bom Cicendo pada tahun 2017.

"Yang bersangkutan pernah ditangkap karena peristiwa bom Cicendo dan sempat dihukum empat tahun, pada bulan September atau Oktober 2021 yang bersangkutan bebas. Tentunya kegiatan yang bersangkutan kami ikuti," kata Listyo Sigit dalam konferensi pers di Bandung, Rabu.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Photo :
  • dok Polri

Agus Muslim juga teridentifikasi berafiliasi dengan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Kelompok JAD yang diikuti Agus Muslim berbasis di Bandung, Jawa Barat.
 
Listyo menambahkan Agus Muslim pernah ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan, Jawa Tengah, namun saat bebas yang bersangkutan masih masuk kategori merah. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya