4 Gempa yang Melanda Tanah Jawa Belakangan Ini, Terbaru Guncang Sukabumi

Tim gabungan evakuasi jenazah korban gempa Cianjur.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Indonesia terletak di wilayah Pacific Ring of Fire alias Cincin Api Pasifik adalah daerah yang sering mengalami bencana alam seperti gempa bumi dan letusan gunung berapi. Sekira 90% dari gempa bumi yang terjadi dan 81% dari gempa bumi terbesar ini terjadi di sepanjang Cincin Api tersebut. 

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Indonesia juga dilalui jalur pertemuan tiga lempeng tektonik, yaitu Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik. Jalur pertemuan ketiga lempeng tersebut berada di lautan. Karena itu, gempa bumi dengan skala besar dan kedalaman yang relatif dangkal sering terjadi di Tanah Air. Berikut beberapa gempa yang terjadi. 

1. Gempa Cianjur

Gempa Susulan Masih Terus Muncul, Jumlah Pengungsi di Pulau Bawean Kian Bertambah

VIVA Militer: Prajurit Yonzipur 9 Kostrad mencari korban gempa bumi Cianjur

Photo :
  • Penkostrad

Gempa bumi dengan magnitudo (M) 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar). Getaran gempa terasa kuat sampai di Jakarta. Gempa terjadi pada Senin 21 November 2022 pada pukul 13.21. Lokasi gempa berada di 6.84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur. Pusat gempa di kedalaman 10 km barat daya dari Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

Tanpa Bulan Madu, RM Gelar Pernikahan Lalu Kembali Masuk Bui

Korban tewas akibat goncangan tersebut diperkirakan mencapai 271 orang, 2.043 warga mengalami luka-luka. Kala itu, warga yang masih mengungsi sebanyak 61.908 orang. Secara keseluruhan, ada 56 ribu lebih rumah rusak dan sejumlah infrastruktur juga mengalami kerusakan yang termasuk rusak berat, sedang, dan rusak ringan. 

2. Gempa Garut

Ilustrasi gempa Bumi.

Photo :
  • Freepik

Gempa dengan kekuatan mencapai magnitudo 6,4 terjadi di wilayah Garut, Jawa Barat. Gempa tersebut bahkan sampai terasa Jakarta. Dari gambar yang dibagikan BMKG, tampak pusat gempa tersebut berada di darat dan tidak berpotensi. Gempa tersebut terjadi pukul 16.49 WIB dengan kedalaman 106 kilometer. 

Lokasinya berada di 7,49 Lintang Selatan dan 107,58 Bujur Timur atau 46 kilometer barat daya Garut, Jawa Barat. BMKG menyatakan data tersebut adalah informasi awal yang didapatkan beberapa menit usai guncangan terjadi. Parameter gempa bisa berubah usai analisa ulang seismologis. 

3. Gempa Jember Jawa Timur

Ilustrasi dampak Gempa Malang.

Photo :
  • ANTARA FOTO/HY Prabowo

Gempa bumi dengan kekuatan mencapai magnitudo (M) 6,2 juga mengguncang Jember, Jawa Timur. Gempa ini terjadi pada hari Selasa 6 Desember 2022 pada pukul 13.07 WIB. Gempa ini berada di koordinat 10,75 derajat Lintang Selatan dan 113,42 derajat Bujur Timur. Pusat gempa ini berada di 284 km arah barat daya Jember dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa susulan di Jember sampai Kamis 8 Desember 2022 tercatat sebanyak 114 kali. Gempa ini terjadi karena patahnya lempeng Australia. Tekukan lempeng tersebut memicu patahan turun atau normal fault. Gempa ini bahkan dirasakan oleh warga Blitar, Tulungagung, Probolinggo dan Banyuwangi hingga Bali.

4. Gempa di Sukabumi

Ilustrasi warga melintas di antara bangunan yang hancur akibat gempa dan tsunami di desa Wani, Donggala Pantai Barat, Sulawesi Tengah

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Gempa magnitude (M) 5,8 terjadi di Sukabumi, Jawa Barat. Pusat gempa ini berada di darat 22 km tenggara Kota Sukabumi. Menurut laporan BMKG, gempa tersebut terjadi pada pukul 07.50 WIB dengan kedalaman 104 kilometer. Titik koordinat gempa ini adalah 7,11 Lintang Selatan dan 106,99 Bujur Timur. 

Wilayah yang merasa gempa dalam skala MMI adalah IV Rancaekek, III Lembang, III Bogor, III Bandung, III Pangandaran, III Padalarang, III Pamoyanan, III Sumedang, III Cianjur, II Cisolok, II Sumur, II Sukabumi, II Jakarta Selatan, II Garut, II Bekasi, II Tangerang Selatan. BMKG mengimbau terhadap gempa susulan terjadi wi wilayah ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya