Jokowi Tambah Bantuan Renovasi Rumah Korban Gempa Cianjur Jadi Rp60 Juta

Keterangan pers Jokowi usai kunjungi lokasi gempa Cianjur, Senin 5 Desember 2022
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis, 8 Desember 2022. Dengan menggunakan rangkaian kendaraan darat, Presiden berangkat dari Istana Kepresidenan Bogor sekitar pukul 07.30 WIB.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

Dalam kunjungan ke Cianjur hari ini, Kepala Negara mengatakan bahwa Pemerintah telah memberikan 8.100 bantuan untuk rumah warga yang terdampak gempa. Jokowi mengatakan bahwa bantuan untuk perbaikan rumah yang terdampak gempa bumi Cianjur, akan ditambah nominalnya.

Presiden Jokowi tinjau pengungsi korban gempa Cianjur untuk keempat kalinya

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Viral! Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Andika Perkasa Seperti Istana Pangeran Dubai

Mulanya, bantuan yang diberikan untuk rumah yang rusak berat sebanyak Rp50 juta, untuk rumah rusak sedang sebanyak Rp25 juta dan rusak ringan sebanyak Rp10 juta. 

"Tetapi tadi malam saya hitung-hitung lagi, saya hitung-hitung lagi karena memang itu saat di NTB saat di Palu memang bantuannya sebesar itu. Tetapi tadi malam saya hitung-hitung lagi, tadi pagi saya juga sudah menyampaikan ke Menteri Keuangan ada uang atau tidak, Ternyata ada sedikit," kata Jokowi di Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, Kamis 8 Desember 2022.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Karena Pemerintah memiliki anggaran yang cukup untuk menambah bantuan renovasi rumah terdampak gempa, maka Jokowi memutuskan untuk menambah besaran bantuan yang diberikan. Sehingga untuk rumah yang rusak berat menjadi Rp60 juta, yang rusak sedang menjadi Rp30 juta dan rusak ringan menjadi Rp15 juta.

"Sehingga saya putuskan yang Rp50 juta akan menjadi Rp60 juta yang 25 akan menjadi 30 juta yang 10 akan menjadi 15 juta," ujar Jokowi

Karena itu kepala negara menitip pesan kepada warga yang rumahnya terdampak gempa untuk segera memperbaiki rumahnya pasca menerima bantuan. Jangan ditunda-tunda atau jangan disalahgunakan bantuannya.

Presiden Jokowi tinjau langsung episentrum dan lokasi terparah gempa Cianjur

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Jokowi juga berpesan agar warga dapat segera membersihkan puing-puing bangunan rumahnya. Sambil warga juga memilah mana bahan bangunan yang masih dapat dipakai dan mana yang sudah mesti diganti.

"Titipan saya agar pembangunannya segera dimulai, rumah-rumah yang runtuh segera dibersihkan dari puing-puing. Yang bisa dipakai, batu batanya, yang bisa dipakai dibersihkan, dipakai lagi. Kayunya yang bisa dipakai juga agar bisa dipakai lagi, setuju?" Tanya Jokowi yang dijawab persetujuan warga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya