Poltracking: Kepuasan Rakyat Terhadap Kinerja Jokowi-Maruf Naik Jadi 73,2%

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin.
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin.
Sumber :
  • VIVAnews/Fikri Halim

VIVA Nasional – Poltracking Indonesia merilis hasil survei nasional bertajuk 'Proyeksi Ekonomi Politik Nasional: Catatan Akhir Tahun Kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf 2022 survei nasional' pada Kamis 8 Desember 2022. Salah satu temuan dalam survei nasional yang dilakukan Poltracking itu adalah tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin mengalami peningkatan.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan, jumlah responden yang mengatakan sangat puas terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf sebesar 20,4% dan yang cukup puas sebanyak 52,4% sehingga jika digabungkan yang merasa puas dengan kinerja Jokowi-Ma'ruf ada di angka 73,2%. 

"Tingkat kepuasan terhadap kinerja Pemerintahan Joko Widodo- Ma’ruf Amin adalah 73.2%," kata Hanta Yuda, dalam keterangannya, Kamis 8 Desember 2022.

Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin di TMP Kalibata, Jakarta.

Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin di TMP Kalibata, Jakarta.

Photo :
  • VIVAnews/Fikri Halim

Sementara untuk yang merasa tidak puas dengan kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf jumlahnya ada sebanyak 16,3 persen dan yang sangat tidak puas jumlahnya sebanyak 2,7% sehingga kalau ditotal yang tidak puas dengan Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf totalnya sebanyak 19,0%. Sementara 7,8% tak tahu atau tidak menjawab.

Secara kuantitatif, menurut Hanta Yuda, salah satu hal yang menjelaskan angka kepuasan tersebut adalah bidang pendidikan (78.5%) dan bidang kesehatan (77.9%) yang mendapatkan kepuasan tertinggi, diikuti sosial budaya (73.7%), pertahanan dan keamanan (73.1%), dan politik dan stabilitas nasional (70.3%).

"Namun demikian, kepuasan pada bidang ekonomi (64.5%) dan penegakan hukum (62.9%) adalah yang terendah," ujar Hanta Yuda

Halaman Selanjutnya
img_title