Poltracking: Prabowo dan Erick Jadi Menteri dengan Tingkat Kepuasan Tertinggi

Erick Thohir dan Prabowo Subianto
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Kinerja Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam mentransformasi BUMN mendapat apresiasi dari masyarakat. Hal ini tergambar dalam hasil survei nasional Poltracking Indonesia pada Kamis 8 Desember 2022. 

Suami Sandra Dewi Tersandung Korupsi Timah, Aiman Senang Kasusnya Disetop 

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Erick sangat tinggi. Mantan Presiden Inter Milan tersebut menempati posisi kedua setelah Menteri Pertahanan Prabowo.

"Kepuasan terhadap kinerja Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 61,4% diikuti Menteri BUMN Erick Thohir yang sebesar 59,4%," ujar Hanta dalam jumpa pers hasil survei nasional bertajuk 'Proyeksi Ekonomi Politik Nasional: Catatan Akhir Tahun Kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf 2022 survei nasional' pada Kamis 8 Desember 2022.

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • Dok. Kementerian BUMN

Hanta menyampaikan tingkat kepuasan tersebut lebih tinggi daripada kinerja menteri lain yang berada di bawah 55 %. Selain Pranowo dan Erick, Hanta menyebut nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dengan 57,7%, dan Panglima TNI Andika Perkasa sebesar 56,9% yang masuk dalam empat besar menteri dengan tingkat kepuasan tertinggi.

KPK Ungkap Masih Ada 6 Menteri dan 3 Wakil Menteri Jokowi Belum Lapor LHKPN

"Pada urutan ketiga, ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dengan tingkat kepuasan 57.7% dan posisi keempat ada Panglima TNI Andika Perkasa dengan tingkat kepuasan 56.9%," ujar Hanta

Hanta mengatakan survei nasional ini digelar pada 21-27 November 2022 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1.220 responden dengan margin of error +/- 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%. 

Klaster survei ini menjangkau 34 provinsi seluruh Indonesia secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir, sedangkan stratifikasi survei ini adalah proporsi jenis kelamin pemilih. 

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda menyampaikan paparan hasil survei lembaga survei Poltracking Indonesia. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Hanta menyebut metode sampling ini meningkatkan representasi seluruh populasi pemilih secara lebih akurat. Pengumpulan data dilakukan oleh pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner terhadap responden yang telah terpilih secara acak. Setiap pewawancara mewawancarai 10 responden untuk setiap satu desa/kelurahan terpilih.

"Maksud dan tujuan dari survei ini adalah untuk mengukur kinerja Pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan memotret kehidupan ekonomi politik nasional," ucap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya