11 Anjing Pelacak Dikerahkan Jaga Tasyakuran Pernikahan Kaesang-Erina

Polisi gunakan anjing pelacak dalam pengamanan pernikahan Kaesang-Erina.
Sumber :
  • VIVA/ Fajar Sodiq.

VIVA Nasional - Polda Jawa Tengah mengerahkan sebelas ekor anjing ras jenis belgian malitnoise dan golden retriever turut terlibat dalam pengamanan tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina di Solo. Anjing ini tugasnya melaksanakan tugas untuk sterilisasi dan deteksi bahan peledak selama prosesi tasyakuran berlangsung.

4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Suci Winata Masih Setia

Sangat Terlatih

Kasubsatgas Satwa pengamanan kegiatan, Kompol Tourakhman, mengatakan anjing-anjing berkualifikasi pelacak itu didatangkan Ditsamapta Polda Jateng dan delapan polres jajaran. Ia menjelaskan anjing-anjing ini sangat terlatih.

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto

"Ada 26 personel Polri dan 11 ekor anjing ras yang ditugaskan di subsatgas satwa ini," kata Tourakhman saat ditemui di Solo, Kamis, 8 Desember 2022.

Unit K-9 Kepolisian membawa anjing pelacak

Photo :
  • Antara/ Jessica Wuysang
Catat! Inilah 5 Bulan Terbaik untuk Menikah Menurut Islam

Anjing ini berasal dari K-9 Ditsamapta Polda, sejumlah Polres seperti polres Kendal, Polresta Surakarta serta beberapa Polres di wilayah Soloraya.

Ditempatkan di 3 Titik Strategis

Rencananya, anjing akan ditempatkan di tiga titik strategis yaitu tempat start kirab di Loji Gandrung, sepanjang rute kirab dan lokasi tasyakuran di Pura Mangkunegaran. Anjing ini berasal dari K-9 Ditsamapta Polda, sejumlah Polres seperti polres Kendal, Polresta Surakarta serta beberapa Polres di wilayah Soloraya.

"Namun yang terbanyak ditempatkan di sepanjang perlintasan kirab yaitu enam ekor anjing," kata pria yang sehari-hari bertugas di Ditsamapta Polda Jateng ini.

Anjing pelacak

Photo :
  • Tudji Martudji | Surabaya

Tugas pokoknya nanti pelacakan, fokus pada sterilisasi bahan peledak di sekitar lokasi kegiatan. Sterilisasi merupakan prosedur rutin yang dilakukan Polri dalam mengamankan suatu kegiatan penting.

"Mereka cukup familiar dan berpengalaman. Meski begitu, mereka sangat awas dan teruji dalam menjejak bahan peledak di suatu lokasi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya