Erick Thohir Jadi Menteri Terbaik Kabinet Jokowi, Pengamat Ungkap Alasannya

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • M Yudha P/VIVA.co.id

VIVA Nasional – Menteri BUMN Erick Thohir dinilai menteri dengan kinerja terbaik di kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Terobosan Erick Thohir dalam membenahi BUMN dinilai berpengaruh terhadap evaluasi kinerja menteri Jokowi. Erick Thohir yang selalu menjadi andalan Jokowi berada di posisi kedua dengan tingkat kepuasan kinerja sebesar 59,4 persen. Sementara di atas ada Menteri Pertahanan Prabowo berada di 61,4 persen. 

Ini Deretan Menteri Jokowi yang Hadir di KPU Saksikan Penetapan Prabowo Presiden

“Kinerjanya (Erick Thohir) cukup baik,” kata Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo dalam keterangan yang diterima Kamis, 8 Desember 2022

Menteri BUMN Erick Thohir di Acara Peluncuran Aplikasi Jagat.io

Photo :
  • VIVA/Muhammad Naufal
Alasan Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

Bukan hanya data survei kuantitatif, kinerja Erick Thohir pun terbukti dari dampak pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu, BUMN yang kini berhasil bertransformasi dengan program-program yang pro rakyat. 

"Sekarang kan target presiden untuk Pak Erick Thohir ini bagaimana mereformasi dan mentransformasi BUMN di samping bersih-bersih,” tandas Ari.

Ini Penyebab Aset PLN Nusantara Power Melesat Jadi Rp 350 Triliun

Terbukti ketika pandemi Covid-19 berlangsung, Erick Thohir berhasil mendatangkan jutaan vaksin untuk masyarakat. Berkat kecepatan kerja yang dimiliki oleh Erick Thohir ini penanggulangan Covid-19 melalui program vaksinasi nasional Indonesia diakui oleh dunia. Bahkan kini, Erick Thohir bersama Bio Farma berhasil memproduksi vaksin sendiri yakni IndoVac.

Tak hanya itu, program KUR dan Mekaar yang digalakkan oleh Erick Thohir melalui berbagai sosialisasi menyentuh seluruh masyarakat Indonesia. Mulai dari awal kemunculan Covid-19 hingga saat ini program ini terus digaungkan oleh Eks Presiden Inter Milan tersebut agar masyarakat bisa membuka atau mengembangkan usahanya. 

Program ini kemudian menjadi penyelamat usaha masyarakat ketika ekonomi sedang tidak menentu dan mengalami penurunan saat Covid-19. Hingga saat ini program KUR dan Mekaar terus dipastikan oleh Erick Thohir di berbagai daerah terus berjalan untuk me-stimulan dan menggerakkan ekonomi daerah. 

Mantan Ketua TKN Jokowi - Ma'ruf 2019 tersebut bahkan sering turun ke masyarakat memastikan berbagai program yang direalisasikan berjalan dengan baik. Hal ini juga menjadi salah satu faktor kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah berdasarkan hasil survei Poltracking Indonesia.

Menteri BUMN Erick Thohir sidak SPBU di Tangerang.

Photo :
  • KBUMN.

Di mana kunjungan menteri ke daerah membuat 7,3 persen masyarakat Indonesia puas atas kinerja pemerintahan. Tambahan informasi, Poltracking Indonesia menyelenggarakan survei nasional pada 21-27 November 2022 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. 

Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1220 responden dengan margin of error +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.Temuan survei di atas merupakan potret terbaru (November 2022), tentu naik turunnya penilaian dan persepsi publik terhadap kinerja pemerintah sangat bergantung pada berbagai kebijakan dan dampaknya bagi kehidupan ekonomi politik nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya