Peringatan Hari Antikorupsi, Ketua KPK Sebut Koruptor Tak Takut Penjara tapi Takut Dimiskinkan

Ketua KPK Firli Bahuri
Ketua KPK Firli Bahuri
Sumber :
  • KPK

VIVA Nasional – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyebutkan, sepanjang tahun 2022, setidaknya ada ratusan para pelaku korupsi yang berhasil ditangkap oleh KPK. Firli juga mengatakan, para koruptor yang ditangkap itu hanya takut dimiskinkan, bukan takut dipenjara.

Hal tersebut diungkapkan Firli Bahuri dalam sambutannya saat acara Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat, 9 Desember 2022. 

"Angka-angka yang ditunjukkan dalam data statistik terkait perilaku korupsi masih menjadi perhatian, sejak KPK berdiri sudah ada sebanyak 1.479 tersangka," ujar Firli dalam sambutannya, Jumat, 9 Desember 2022.

Ketua KPK Firli Bahuri di Yogyakarta.

Ketua KPK Firli Bahuri di Yogyakarta.

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi

Firli mengatakan, sejak awal bulan Januari hingga November 2022, KPK telah menahan sebanyak 115 pelaku korupsi. Para tersangka itu, kata dia, terdiri dari berbagai profesi.

"Untuk tahun 2022, sejak Januari sampai dengan November 2022. Sebanyak 115 pelaku korupsi telah dilakukan penahanan oleh KPK," ujarnya.

Firli mengaku bahwa pihaknya tidak hanya melakukan upaya pemberantasan korupsi lewat pidana badan. KPK, lanjut dia, juga gencar melakukan upaya asset recovery untuk negara.

Halaman Selanjutnya
img_title