Erick Thohir Dikritik Karena Urus Pernikahan Kaesang, Pengamat: Mereka Iri

Pemilik klub basket Satria Muda, Erick Thohir.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia (Spin) Igor Dirgantara merespon sindiran politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera soal keterlibatan Menteri Bahan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang sibuk mengurusi pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep dan Erina Gunodo. 

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Menurut Igor Dirgantara, keterlibatan Erick Thohir dalam urusan pernikahan tidak masalah. Justru hal itu menunjukkan kedekatan pribadi Erick dengan Jokowi sehingga dipercaya mengurusi pernikahan putera kesayangannya. 

"Kalau yang mengkritik itu justru mereka iri terhadap kapasitas Erick Thohir dan kedekatannya dengan Jokowi. Itu termasuk misalnya dia menjadi ketua panitia pernikahan anaknya Jokowi. Iri bilang bos Apalagi ini mendekati tahun politik, keirian-keirian kayak gitu itu misalnya menunjukkan bahwa Erick Thohir adalah figur yang memang patut atau sangat diperhitungkan," ujar Igor, Jumat 9 Desember 2022 

Jusuf Kalla Puji Cara Prabowo Subianto Rangkul Lawan Politiknya

Presiden Jokowi, Erick Thohir, Ganjar dan Gibran di CFD Solo.

Photo :
  • KBUMN.

Igor menambahkan, pernyataan Mardani yang bilang seolah menteri tidak punya pekerjaan, itu justru keliru. Menurutnya, tragedi Kanjuruhan kalau bukan karena Erick Thohir yang melobi langsung FIFA belum tentu selamat dari sanksi.

Jokowi Bakal Siapkan Program Unggulan Prabowo-Gibran Masuk dalam RAPBN 2025

Lanjut Igor, dari track recordnya, Erick Thohir merupakan seorang menteri kesayangan Presiden Jokowi yang selalu dipercaya mengurusi banyak hal. "Secara kinerja di BUMN dia bagus, meskipun mengurus banyak hal lain," kata Igor.

Senada dengan Igor Dirgantara, Ketua Umum Fraksi Muda Indonesia, Nurhidayatullah Cottong mengatakan, status Erick Thohir sebagai ketua panitia pernikahan Kaesang Pangarep tidak akan mempengaruhi kinerjanya di BUMN, apalagi disebut akan menggangu kerja Erick Thohir sebagai menteri. Penunjukkan Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu dilandasi hubungan baiknya dengan Jokowi hingga kepercayaan itu diberikan kepadanya. 

“Belum lagi soal penanganan COVID-19 yang sukses, dan pemulihan ekonominya, jadi Erick Thohir sangat memiliki peranan penting dalam hal tersebut,” ujarnya

Diketahui, kedekatan antara Jokowi dan Erick ini sudah terbangun lama. Kedekatan ini terbangun sejak Eks Presiden Inter Milan tersebut diamanahkan untuk menyelenggarakan Asian Games 2018. Setelahnya, Erick kembali diberikan amanah sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi 2019. 

Ketua TKN Erick Thohir

Photo :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

Sebagai Ketua TKN Jokowi 2019, Erick Thohir berhasil mengantarkan Presiden Jokowi menjadi orang nomor satu di Indonesia untuk periode kedua. Erick pun didapuk dengan posisi strategis sebagai Menteri BUMN. 

Di Kementerian BUMN, Erick Thohir kembali banyak menuai keberhasilan saat menjalankan penugasan dari Presiden Jokowi. Ia termasuk salah satu pemimpin yang berkontribusi dalam hal penanggulangan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional. 

Dengan berbagai keberhasilan tersebut, hubungan antara Erick Thohir bersama Presiden Jokowi menjadi lebih intim. Kini Erick Thohir sedang diberikan kepercayaan untuk menjadi Ketua Panitia Penyelenggara Pernikahan Kaesang Pangarep dan Pesta Rakyat Kota Solo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya