KPK Tangkap 115 Koruptor Sepanjang 2022, Aset Recovery Capai Rp 494 Miliar

Ketua KPK Firli Bahuri di acara Hari Antikorupsi se Dunia di Jakarta tahun 2022
Sumber :
  • KPK

VIVA Nasional - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri memamerkan hasil kinerja lembaga antirasuah selama periode Januari-November 2022, salah satunya yakni berhasil menahan 115 orang sebagai tersangka.

KPK Pecat 66 Pegawai yang Terlibat Pungli Rutan

Capaian tersebut diungkapkan Firli dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 di Hotel Bidakara pada Jumat 9 Desember 2022. "Untuk tahun 2022 sejak Januari sampai dengan November 2022 sebanyak 115 pelaku korupsi telah dilakukan penahanan oleh KPK," ujar Firli.

Selain itu, Firli turut mengungkapkan kinerja KPK di bidang penegakkan hukum. Pihaknya telah menggelar 112 penyelidikan, 116 penyidikan, serta 108 perkara sudah di tahap penuntutan. Selain itu ada 121 perkara telah dinyatakan berkekuatan hukum tetap dan 99 koruptor telah dieksekusi.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Gugat Dewas ke PTUN, Sebut Kasusnya Expired

Ketua KPK Firli Bahuri

Photo :
  • KPK

Kinerja di bidang penindakan, kata Firli, merupakan salah satu bagian daripada strategi KPK. Giat penindakan dipandang dapat memberikan efek jera ke para koruptor. "Supaya orang takut untuk melakukan korupsi," ucap Firli.

Disidang Etik Dewas KPK pada 2 Mei Terkait Mutasi Pegawai Kementan, Nurul Ghufron: Kita Hormati

Tak hanya itu, Firli juga mengatakan aset negara juga berhasil terselamatkan dari giat penindakan KPK. Sebanyak Rp494 miliar yang bisa dipulihkan. "Asset recovery total Rp 494,54 miliar," katanya.

Firli juga menyampaikan, upaya pemberantasan korupsi memerlukan kerja sama berbagai pihak. Untuk itu, dia menyampaikan permintaan ke semua elemen bangsa agar turut andil dalam upaya mencegah munculnya praktik korupsi.

"Oleh karena itu dalam konsep pemberantasan korupsi, KPK mengajak keterlibatan besar dari seluruh aparat dan anak bangsa, melalui keterlibatan yang kita sebut public participation," tutur Firli.

Ilustrasi OTT KPK.

Photo :
  • vstory

Sebagai informasi, KPK menggelar acara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022. Acara puncak peringatan ini digelar di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat 9 Desember 2022.

Sejumlah tamu hadir dalam acara ini. Termasuk Wakil Presiden Ma'ruf Amin, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti dan Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin.

Pimpinan serta Dewas KPK pun hadir. Termasuk para pejabat struktural KPK.

Sejumlah pejabat lainnya yang juga tampak hadir dalam acara Hakordia 2022 antara lain Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin; Menteri PUPR Basuki Hadimuljono; Menteri Agama Yaqut Qholil Qoumas; Menkumham Yasonna Laoly; Mendikbud Nadiem Makarim; Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah; Menteri Pertanian Syahrul Yasin; Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil; Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi; Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey; dan Wali Kota Bogor Bima Arya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya