Kuli Bangunan di Medan Temukan Mortir Saat Menggali Rumah

Brimob Polda Sumut melakukan evakuasi bom mortir.
Brimob Polda Sumut melakukan evakuasi bom mortir.
Sumber :
  • Dok. Polsek Medan Area.

VIVA Nasionak – Sebuah bom mortir ditemukan oleh seorang kuli bangunan saat bekerja menggali fondasi rumah di Jalan Rawa II, Gang Langgar, Kelurahan Tegal Sari Mandala III, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan.

Mortir ditemukan pada Senin 5 Desember 2022. Berukuran panjang sekitar 40-50 cm, diameter sekitar 5-10 cm, diduga berbahan metal atau besi, dengan berat sekitar 5 kilogram. 

Kanit Reskrim Polsek Medan Area, Iptu Harles Gultom, menjelaskan bahwa penemuan mortir itu baru disampaikan sama pemilik rumah ke petugas kepolisian, Kamis 8 Desember 2022.

Mortir jenis craf atau bom pesawat ditemukan di Proyek revitalisasi Kota Lama Gresik

Mortir jenis craf atau bom pesawat ditemukan di Proyek revitalisasi Kota Lama Gresik

Photo :
  • tvOne/Habib

"Semalam (Kamis) kita menerima laporan warga terkait penemuan benda yang diduga mortir," kata Harles kepada wartawan di Kota Medan, Jumat 9 Desember 2022.

Harles menceritakan bahwa penemuan itu berawal saat tukang bangunan bernama Hardianto sedang bekerja menggali fondasi bangunan dan menemukan benda mencurigakan dengan posisi berdiri atau bagian lancip benda menghadap ke atas. 

Kemudian benda tersebut diangkat dan diletakkan di dalam lubang fondasi bangunan yang sedang digali. "Selanjutnya tukang melaporkan kepada pemilik bangun pada Rabu 7 Desember 2022," jelas Harles. 

Halaman Selanjutnya
img_title