Polisi Gunakan Drone untuk Pantau Lalu Lintas Saat Pernikahan Kaesang-Erina

Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi Agus Suryonugroho
Sumber :
  • ANTARA/IC Senjaya

VIVA Nasional - Polda Jawa Tengah menggunakan drone untuk memantau kondisi arus lalu lintas menjelang tasyakuran resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu, 11 Desember 2022.

Serang Israel, Uni Eropa Bakal Jatuhi Iran Sanksi

Fokus di Jalan Kota Solo

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, mengatakan drone akan difungsikan untuk memantau arus lalu lintas di sejumlah jalan di Kota Solo. Selain untuk memantau arus lalu lintas, penggunaan drone juga dilakukan untuk penindakan pelanggaran lalu lintas lewat sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Photo :
  • IG @kaesangp

"Penggunaan drone dilakukan untuk memantau jalur-jalur sektor luar lokasi acara pernikahan di Pura Mangkunegaran," kata dia, Sabtu, 10 Desember 2022.

Catat! Inilah 5 Bulan Terbaik untuk Menikah Menurut Islam

Disebar di 4 Lokasi

Lebih lanjut, Agus menyebutkan drone tersebut bakal disebar di empat lokasi. Adapun titik tersebut meliputi simpang Kleco, sekitar Stadion Manahan, simpang Warung Pelem, dan perbatasan Sukoharjo-Boyolali di wilayah Kartasura.

“Bila terjadi potensi penumpukan kendaraan, maka petugas di lapangan segera bertindak untuk mengurai arus lalu lintas,” ujarnya.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Photo :
  • IG @kaesangp

750 Anggota dari Jajaran Polisi Satlantas

Sedangkan jumlah personel lalu lintas yang dikerahkan pada saat prosesi tasyakuran resepsi pernikahan, dia merinci sebanyak 750 anggota dari jajaran polisi satlantas.

“Ini khusus personel lalu lintas yang disiagakan di jalur-jalur menuju Pura Mangkunegaran," kata Kombes Agus

Terkait mekanisme penggunaan drone untuk penindakan melalui ETLE, Kombes Agus mengungkap pelanggar lalu lintas bakal langsung terpotret oleh kamera drone.

“Akan langsung dipotret lewat kamera yang terpasang di drone. Pelanggaran tersebut misalnya tidak memakai sabuk pengamanan atau helm, serta pelanggaran lalu lintas lain seperti melanggar marka jalan dan lain sebagainya," katanya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) Jawa Tengah, Sugeng, mengatakan penggunaan drone untuk penindakan pelanggaran lalu lintas telah diuji coba di Semarang sejak bulan Oktober 2022.

"Sudah teruji berhasil dalam uji coba di kota Semarang. Untuk itu, drone kini juga digunakan untuk memantau arus lalin selama rangkaian kegiatan tasyakuran pernikahan putera Presiden Jokowi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya