Cara Mudah Calon Jemaah Haji Bisa Mengetahui Estimasi Waktu Keberangkatan

Petugas melepas keberangkatan jemaah haji ke Mekah dari Bandara Jeddah
Sumber :
  • MCH 2022

VIVA Nasional Terobosan dilakukan Kemenag RI dengan meluncurkan Super Apps Pusaka. Dengan aplikasi ini, masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan berbagai pelayanan keagamaan, baik untuk mendaftar haji, mendaftar nikah, hingga mendaftar sertifikat halal. 

Rencana AS untuk Melarang TikTok Memicu Perpecahan Nasional

Sekretaris Jenderal Kemenag RI, Nizar Ali mengungkapkan, kehadiran Aplikasi Pusaka merupakan program prioritas Kemenag RI di bawah pimpinan Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas. Di mana Kemenag melakukan transformasi digital dalam hal pelayanan.

“Kita terus berinovasi, berkreasi, terus berbenah. Super apps versi 1 ini akan terus dikembangkan menjadi super apps 2 dengan versi lebih baik lagi,” kata Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar Ali dalam Media Gathering Berperspektif Moderasi Agama di Bogor, Jumat 9 Desember 2022.

Peringatan Penting, Hati-Hati dengan Penawaran Haji Tidak Resmi di Media Sosial

Tidak hanya untuk mendaftar haji, aplikasi Pusaka juga memiliki fitur yang bisa dimanfaatkan calon jemaah haji untuk mengetahui estimasi keberangkatan haji mereka. Fitur ini sangat berguna bagi para jemaah yang sudah mendaftar.

Aplikasi Pusaka Kemenag

Photo :
  • Humas Kemenag RI
Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

Untuk mengecek perkiraan keberangkatan haji, jemaah dapat melakukan sejumlah langkah. Yaitu dengan membuka aplikasi Pusaka, selanjutnya pilih menu "Islam". Lalu lihat menu "Layanan Haji & Umrah" dan pilih menu "Estimasi Keberangkatan".

Kemudian, jemaag memasukan nomor porsi pada kolom yang tersedia, lalu tekan "Cari Nomor Porsi".  Nomor porsi dapat dilihat dalam berkas pendaftaran yang diterbitkan oleh Kankemenag Kabupaten/Kota pada saat jemaah mendaftar. 

Nomor porsi berupa rangkaian 10 angka. Sehingga, saat melakukan pengecekan, jemaah harus memastikan angka yang dimasukkan memang no porsi, bukan lainnya. Pada tahap akhir pengecekan, akan muncul data Estimasi Keberangkatan yang mencakup sejumlah informasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya