20 Satwa K-9 Perkuat Pengamanan Resepsi Kaesang-Erina di Solo, Ini Tugasnya

Unit K-9 Kepolisian membawa anjing pelacak
Sumber :
  • Antara/ Jessica Wuysang

VIVA Nasional – Pihak kepolisian memperkuat tim pengamanan Jelang hari H tasyakuran pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang-Erina, dengan menambah personel subsatgas satwa.  Dengan total 45 anggota Polri ditambah 20 anjing ras K-9 yang hadir di Surakarta, diharapkan hal itu bisa membantu melakukan sterilisasi lokasi kegiatan dan pelacakan bahan peledak.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka

Kapolda Jateng melalui Kabidhumas, Kombes Pol. M Iqbal Alqudusy menuturkan, penambahan tersebut dilakukan untuk memastikan situasi Surakarta tetap kondusif, jelang resepsi tasyakuran pernikahan Kaesang-Erina pada 11 Desember 2022 besok.

"Personel subsatgas satwa, awalnya berjumlah 27 personil dan 11 satwa. Saat ini diperkuat, sehingga jumlahnya menjadi 45 personel Polri dan 20 anjing ras K-9," kata Iqbal, Sabtu 10 Desember 2022.

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Kabid Humas Polda Jateng saat mendampingi Kapolda Jateng.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

Dia menjelaskan, proses penambahan satwa K-9 itu didatangkan dari sejumlah Polres di jajaran kepolisian Jawa Tengah. "Bila dirinci berdasar asal kesatuannya, kekuatan subsatgas satwa saat ini berasal dari Ditsamapta Polda Jateng ditambah 18 polres jajaran," ujarnya

Viral Momen Warga Suudzon dengan Polisi, Dikira Razia Ternyata Sedang Bagi-bagi Takjil

Sedangkan bila dirinci berdasarkan jenis ras, kata Iqbal, subsatgas satwa saat ini juga diperkuat oleh anjing-anjing dari empat jenis ras.

"Jenisnya antara lain labrador malinois, belgian malinois, german sepherd, dan golden retriever. Semuanya punya keahlian yang sama yaitu sterilisasi dan pelacakan bahan peledak," kata Iqbal.

Melacak Bahan Peledak

Dia menambahkan, anjing-anjing ras milik Polda Jateng dan jajarannya ini seluruhnya dipastikan sudah terlatih, berpengalaman, dan siap melaksanakan tugas. Mereka mendapat tugas untuk mendukung pengamanan di Loji Gandrung, sepanjang rute kirab dan lokasi tasyakuran di Pura Mangkunegaran.

"Tugas pokoknya melakukan sterilisasi dan pelacakan bahan peledak," ujar Iqbal.

Namun, lanjut Iqbal, pada saat kirab pengantin dari Loji Gandrung ke Mangkunegaran pada hari Minggu 11 Desember 2022 besok, sejumlah anjing berkualifikasi pelacak ini akan mendapat tugas tambahan selain melakukan sterilisasi dan pelacakan bahan peledak.

"Sebagian dari satwa K-9 itu nanti akan diperbantukan untuk melaksanakan patroli bersama timnya, untuk melakukan penyusuran sepanjang rute kirab," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya