Rasa Haru Ganjar Saat Seluruh Raja se-Indonesia Kumpul di Jateng

Pawai Budaya Kerajaan di depan Pelataran Borobudur, Jawa Tengah
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Hari kedua Festival Adat dan Budaya Nusantara (FABN) II, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyuguhkan pawai budaya kerajaan kepada masyarakat di depan Pelataran Borobudur. Ada banyak kebudayaan yang ditampilkan, mulai dari bregodo kerajaan, tari Ndolalak, hingga tari Soreng dan semuanya dibalut busana adat masing-masing.

Alasan Sedan Listrik BMW i5 Belum Memiliki Harga

Ganjar yang turut menyaksikan pawai tersebut mengatakan, pertunjukan itu adalah perhelatan budaya yang menarik dan dapat disaksikan seluruh masyarakat. Ganjar mengatakan, anak-anak hingga orang dewasa dapat menyaksikannya.

"Semua bisa melihat dan masing-masing bisa menunjukkan budayanya. Karnavalnya menarik, partisipasinya bagus, ini kalau dilakukan terus menerus rasa-rasanya ini akan menjadi event baru yang menarik juga," kata Ganjar di lokasi, Sabtu 10 Desember 2022.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Pawai Budaya Kerajaan di depan Pelataran Borobudur, Jawa Tengah

Photo :
  • Dok. Istimewa

"Sehingga banyak raja-raja, kesultanan, bisa hadir ke sini, kelompok masyarakat adat hadir ke sini, dan kemudian menampilkan sesuatu dan bisa dilihat semuanya," sambungnya.

Rumor Ganjar Ditawari jadi Menteri Prabowo, Gibran: Yang Nawari Siapa?

Ganjar mengaku terharu karena utusan kerajaan, lembaga adat, dan suku dari berbagai daerah di Nusantara bisa ramai-ramai berkumpul di Jateng. Terlebih lagi, kata Ganjar, mereka bisa memperkenalkan adat dan budayanya masing-masing ke masyarakat.

"Mereka menampilkan karya-karyanya dan masyarakat bisa nonton, 'ini dari mana ya', dan mereka saling menjelaskan bahwa seluruh Indonesia bisa tumplek plek di Borobudur," kata Ganjar.

Ganjar berharap, para raja dan pimpinan suku beserta masyarakat adat dapat terus menjaga sekaligus mengembangkan seni budayanya masing-masing. Sehingga, kata Ganjar, Indonesia semakin kaya akan  budaya.

"Mudah-mudahan mereka tetap bisa menjaga dan mengembangkan seni budaya yang ada, sehingga kita makin kaya, makin kaya, dan jangan lupa dicatet, didaftarkan, agar tidak diklaim oleh orang lain," katanya.

Ganjar saksikan Pawai Budaya Kerajaan di depan Pelataran Borobudur, Jawa Tengah

Photo :
  • Dok. Istimewa

Ganjar juga berharap, mereka bisa menikmati pariwisata di Borobudur sekaligus berkolaborasi dalam menjaga ketahanan adat serta budaya se-Nusantara.

Sebagai informasi, FABN pertama kali diadakan pada 17 Agustus lalu, dengan Raja Klungkung Bali sebagai tuan rumah penyelenggara. Dalam acara tersebut turut hadir 211 utusan kerajaan dari seluruh Nusantara yang tergabung dalam Matra dan belasan perwakilan kerajaan mancanegara. Selanjutnya, Festival Adat Budaya Nusantara ke-III akan dilaksanakan di Sumatera Barat pada 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya