Kronologi Lengkap Rumah Dinas Wali Kota Blitar Dirampok

Rumah dinas wali kota Blitar
Sumber :
  • tvonenews.com

VIVA Nasional – Rumah dinas Wali Kota Blitar, H. Santoso dirampok pada dini hari tadi, Senin 12 Desember 2022. Kapolres Blitar Kota, AKBP Argo Wiyono mengungkapkan kronologi awal kejadian pencurian di rumah orang nomor satu di Blitar ini. 

Pedagang Emas Dirampok, Suami Tewas dan Istri Terluka

Argo mengatakan, awal kejadian pada pukul 03.00 WIB. Saat itu, terdapat empat sampai lima orang masuk ke dalam rumah dinas Wali Kota Blitar yang dijaga oleh tiga orang satpol PP.

"Tiba-tiba datang kurang lebih 4-5 orang yang tidak dikenal  langsung masuk ke pos penjagaan sambil menodongkan diduga sejenis senjata api dan membawa senjata tajam dan melumpuhkan ketiga Satpol PP yang berjaga," ujar Argo kepada wartawan, Senin 12 Desember 2022.

Peringati Hardiknas, Para Pelajar Mengikuti Program 'A Day In My Life Jadi Wali Kota Tangerang'

Tangan Petugas Jaga Diborgol, Mata Dilakban

Polisi memberi garis polisi di rumah dinas wali kota Blitar yang dirampok

Photo :
  • ANTARA/HO-Polres Blitar Kota
AKBP Syukur: Situasi Paniai Kondusif Usai Ada Serangan dari OPM

Lanjut Argo, setelah melumpuhkan penjaga di rumah dinas Wali Kota Blitar, perampok mengikat dan memborgol serta melakban mata ketiga petugas jaga tersebut.

Kemudian, perampok mulai masuk dengan cara mendobrak pintu rumah dari Wali Kota Blitar tersebut dan langsung masuk ke kamar utama dari Wali Kota Blitar

“Pelaku mengikat serta melakban mata korban (Drs. H. Santoso, M. Pd - Walikota Blitar) serta istri Wali Kota,” kata dia.

Gasak Perhiasan

Setelah menyekap Wali Kota dan istrinya, pelaku mulai menggasak perhiasan dan harta dari Wali Kota Blitar yang berada di rumah dinasnya.

Tercatat barang seperti, satu buah HP, uang tunai kurang lebih Rp400 juta, dan perhiasan berjenis kalung yang digunakan dan jam tangan milik istri Walikota Blitar, yang apabila ditaksir senilai kurang lebih Rp 15 juta.

Pelaku juga dikabarkan membawa rekaman CCTV milik rumah dinas wali kota. Petugas dari Sat Reskrim Polres Blitar Kota saat ini sedang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Garis polisi dipasang di sejumlah lokasi rumah dinas.

"Petugas kami sedang melakukan olah TKP. Nanti ada keterangan tersendiri dari yang berwenang," jelas Petugas Kepolisian Polres Blitar Kota Ipda Lutvi saat berjaga.

Ciri-ciri Pelaku Sudah Dikantongi Polisi

Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur Kombes Pol Dirmanto mengaku bahwa pihaknya telah mengantongi ciri-ciri terduga pelaku perampokan rumah dinas Wali Kota Blitar pada Senin, 12 Desember 2022, dini hari. Tim masih bekerja melakukan penyelidikan.

Dirmanto menuturkan, ciri-ciri pelaku diperoleh polisi berdasarkan keterangan saksi. "Salah satu saksi sempat melihat salah satu pelaku menggunakan jaket warna cream dengan lambang bendera Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis diterima wartawan.

Dia menjelaskan, para pelaku menggunakan mobil jenis Innova warna hitam plat merah. Ada dugaan kalau plat nomor yang digunakan palsu. Tak hanya merampok uang ratusan juta dan perhiasan saja, pelaku juga mencoba menghilangkan alat bukti CCTV yang ada di TKP.

Saat ini Tim Gabungan yang terdiri dari Satreskrim Polres Blitar Kota dan di-backup dari Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim sedang terus bekerja melakukan penyelidikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya