Pasar Waghete di Kabupaten Deiyai Papua Tengah Dibakar Warga

Pasar Waghete di Kabupaten Deiyai Papua Tengah dibakar.
Sumber :
  • Dok. Polda Papua.

VIVA Nasional - Polres Deiyai sedang mendalami aksi pambakaran Kompleks Pasar Waghete di Jalan Waghete 1 Distrik Tigi, Kabupaten Deiyai, Papua Tengah, yang dilakukan oleh sekelompok warga, Senin, 12 Desember 2022, sekitar pukul 11.00 WIT.

Proyek Bangun Masjid Mantan K-Pop Daud Kim di Incheon: Kontroversi Memanas, Warga Menolak!

Polisi Membenarkan

"Benar dari informasi tadi siang terjadi aksi pembakaran pasar di Waghete, Kabupaten Deiyai, oleh sekelompok warga," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, saat dihubungi Senin siang.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Petugas polisi saat berada di lokasi pembakaran Pasar Waghete, Papua Tengah.

Photo :
  • Dok. Polda Papua.

Karena Masalah Baju

Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

Kamal mengatakan kejadian itu bermula ketika salah satu warga membeli pakaian dan mencobanya namun baju yang dicobanya itu terasa gatal di badan sehingga terjadi keributan antar pembeli dan penjual.

"Dari keributan itu datang sekelompok warga dan melakukan pembakaran kios baju tersebut yang merembet ke kios-kios lainnya di mana kios tersebut terbuat dari kayu, papan yang mudah terbakar," ujarnya.

50 Kios Terbakar

Akibat pembakaran pasar itu, kurang lebih sekitar 50 kios dan 9 unit motor hangus terbakar serta terdapat 4 korban luka, 1 di antaranya adalah anggota TNI.

"Untuk kerugiaan materiil pastinya masih didatakan oleh petugas di lapangan," katanya.

Para Pejabat Berwenang Redam Aksi Susulan

Kamal mengatakan saat ini Kapolres Deiyai bersama Bupati Kabupaten, ketua DPRD dan Dandim 1703 Deiyai sudah berada di TKP untuk meredam aksi susulan.

"Satuan Reskrim Polres Deiyai masih melakukan penyelidikan terkait pelaku pembakaran kios milik warga di Pasar Waghete Kabupaten Deiyai," tuturnya.

Imbau Warga Tidak Terprovokasi

Untuk itu, Kabid Humas mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang sengaja ingin membuat situasi kamtibmas di Kabupaten Deiyai jadi tidak kondusif.

"Kita mengimbau agar kasus ini diserahkan ke penyidik Polri dan tidak ada kekerasan lagi baik terhadap orang maupun barang, karena hal ini tentu akan mengganggu pembangunan di Deiyai dari segala aspek, katanya.

Dikatakan, pasca kejadian situasi Kamtibmas di Kabupaten Deiyai relatif aman kondusif, aparat keamanan masih berjaga di lokasi kejadian dan patroli di seputaran kota untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya