Kabar Terbaru Pencarian Pilot Helikopter Polri yang Jatuh di Perairan Babel

Titik koordinat diduga jatuhnya Helikopter milik Polri di Bangka Belitung
Sumber :
  • ANTARA/Kasmono

VIVA Nasional – Kepala Bidang Humas Polda Bangka Belitung (Babel), Kombes Maladi mengatakan tim gabungan masih melakukan pencarian terhadap AKP Arif Rahman Saleh, pilot pertama Direktorat Polisi Udara saat menerbangkan helikopter milik Polri tipe NBO 105 dengan nomor registrasi P-1103 yang jatuh di sekitar Perairan Bangka Belitung.

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

“Masih berlanjut (pencarian),” kata Maladi saat dikonfirmasi wartawan pada Selasa, 13 Desember 2022.

Bea Cukai dan Bareskrim Polri Jalin Sinergi Gagalkan Peredaran Narkotika di Tangerang dan Aceh

Menurut dia, pencarian saat ini dikendalikan Polda Bangka Belitung dalam skala kecil yang dipimpin langsung Kapolres Belitung Timur, AKBP Taufik Noor Isya. Namun, kata dia, proses pencarian juga melibatkan sejumlah stakeholder terkait.

“Polri, SAR (search and rescue) Daerah dan stakeholder terkait,” ujarnya.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

Helikopter Polri

Photo :
  • tvonenews.com

Kemudian, Maladi mengungkap adanya hambatan dalam proses pencarian terhadap pilot helikopter AKP Arif. Menurut dia, petugas terkendala dengan cuaca buruk dalam proses pencarian. “Cuaca yang buruk dan tidak bersahabat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, helikopter Polri dengan nomor register NBO105/P-1103 hilang kontak di Perairan Bangka Belitung pada Minggu, 27 November 2022 siang. Terdapat empat crew yang ada di dalam helikopter tersebut. "Pesawat tersebut datanya NBO105/P-1103 dan kondisinya layak terbang. Di dalamnya ada crew 4 orang," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan.

Aparat kepolisian menyimpulkan bahwa helikopter P-1103 tersebut jatuh karena cuaca di perairan Manggar, Pulau Bangka Belitung. Dari keempat kru yang menumpangi helikopter tersebut, kini pihak kepolisian beserta instansi lainnya berhasil menemukan 3 orang jenazah.

Jasad co-pilot Helikopter Polri yang jatuh di Bangka Belitung ditemukan

Photo :
  • Istimewa

Pertama yaitu, Bripda Khoirul Anam yang merupakan kru helikopter Bolco P1103 berhasil ditemukan di Perairan Manggar, Belitung. Bripda Anam merupakan seorang teknisi helikopter tersebut.

Kemudian, jenazah Briptu M Lasminto ditemukan di atas permukaan antara Perairan Manggar dan Pulau Buku Limau, Bangka Belitung (Babel). Diketahui, Briptu M Lasminto merupakan co-pilot dari helikopter P1103. Ketiga, jenazah Aipda Joko M ditemukan pada Selasa 29 November 2022 pada pukul 23.00 WIB. Dia merupakan seorang teknisi di helikopter tersebut.

Dengan ditemukannya 3 orang kru helikopter yang jatuh tersebut, kini pihak kepolisian masih terus melakukan pencarian terhadap Kapten pilot helikopter, yaitu AKP Arif Rahman Saleh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya