Disambut di Istana Laeken, Jokowi Undang Raja Belgia Berkunjung ke RI

Presiden Jokowi bertemu Raja Belgia Philippe Leopold Louis Marie
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Nasional –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Raja Belgia Philippe Leopold Louis Marie di Istana Laeken, Brussels, Rabu, 14 Desember 2022. Saat tiba, Presiden Jokowi disambut langsung di pintu masuk Istana Laeken yang merupakan kediaman resmi keluarga kerajaan Belgia. Setelah melakukan foto bersama, kemudian keduanya langsung menuju ruang pertemuan.

Tanggapi Ide Prabowo Bentuk 'Presidential Club', Hasto Bilang PDIP Punya Tradisi 'Klub Kerakyatan'

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya atas hubungan kedua negara yang sudah terjalin lebih dari 70 tahun. Jokowi mengungkapkan Belgia menjadi negara eropa pertama yang akui kemerdekaan RI.

“Lebih dari 70 tahun, Belgia menjadi mitra penting dan strategis Indonesia. Sebagai bagian dari Komisi Tiga Negara tahun 1949, Belgia menjadi bagian penting sejarah kemerdekaan Indonesia. Belgia juga salah satu negara Eropa yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia,” kata Presiden Jokowi.

Wapres Ma’ruf Amin: Presidential Club Tak Harus Bentuk Formal

Presiden Jokowi bertemu Raja Belgia Philippe Leopold Louis Marie

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Untuk itu, Presiden Jokowi juga mengundang secara langsung Raja Philippe untuk berkunjung ke Indonesia. “Saya rasa kedekatan ini menjadi modal penting kemitraan Indonesia-Belgia ke depan,” jelas Presiden.

Putin Resmi Dilantik Jadi Presiden Rusia, Lanjut Menjabat 6 Tahun Lagi

Selain membahas hubungan kedua negara, dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 30 menit tersebut, Presiden Jokowi juga membahas isu penguatan kerja sama ekonomi, dan kerja sama di bidang perubahan iklim.

Presiden Jokowi bertemu Raja Belgia Philippe Leopold Louis Marie

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga sempat melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Republik Ceko Petr Fiala di Hotel Steigenberger Wiltcher’s.

Presiden Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih atas simpati PM Ceko atas tragedi gempa bumi di Cianjur. Selain itu Presiden juga menyampaikan selamat atas Presidensi Ceko di Dewan Uni Eropa tahun ini.

“Terima kasih ucapan simpati Yang Mulia atas tragedi gempa bumi di Cianjur. Dan selamat atas Presidensi Ceko di Dewan Uni Eropa bertepatan dengan momentum 45 tahun kemitraan ASEAN–Uni Eropa,” kata Presiden dalam pertemuan bilateral itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya