Dirut TVRI Bocorkan Kinerja Iptu Umbaran, Intel yang Nyamar Jadi Wartawan

Iman Brotoseno jadi Dirut TVRI
Sumber :
  • Twitter/Iman Brotoseno

VIVA Nasional – Tanah air dihebohkan dengan kabar bahwa Iptu Umbaran Wibowo yang dulunya wartawan TVRI Jawa Tengah, kini dilantik menjadi Kapolsek Blora. Tenyata, profesi sebenarnya dari Iptu Umbaran ialah Intel.

Begini Kronologi Rezky Aditya Bergaya di Depan Media Korea Selatan

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama (Dirut) TVRI, Iman Brotoseno membeberkan kinerja Iptu Umbaran selama menjadi wartawan di TVRI Jawa Tengah. Dia mengatakan bahwa Iptu Umbaran bekerja sesuai dengan prosedur dan tupoksi yang ada.

Wanita Hamil yang Ditemukan Tewas di Ruko Kelapa Gading Punya Hubungan dengan Terduga Pelaku

Hak dan kewajiban pun, kata dia, juga dipatuhi oleh Iptu Umbaran selama menjadi wartawan kontributor di TVRI Jawa Tengah.

"Iya, Iptu Umbara bekerja sesuai prosedur dan tupoksi sebagai kontributor. Hak dan kewajiban dipatuhi," ujar Iman Brotoseno saat dihubungi VIVA, Kamis 15 Desember 2022.

Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi Tertinggi di Pilgub Jateng

Iptu Umbaran Wibowo (kiri) dan prosesi serah terima jabatan (kanan)

Photo :
  • tvonenews.com

Iman menambahkan bahwa, memang Iptu Umbaran tidak menjadi pegawai tetap TVRI Jawa Tengah. Mengingat, lanjut dia, posisi kontributor yang didudukinya merupakan hanya kontrak lepas (freelance).

Sehingga, kata Iman, proses rekrutmen terhadap kontributor, termasuk Iptu Umbaran tidak seketat untuk pegawai tetap.

"Sebagaimana posisi Kontributor, saudara Umbaran bukan pegawai tetap TVRI Jawa Tengah, tidak ada keterikatan, hanya kontrak lepas. Sehingga proses rekruitmen tidak seketat untuk pegawai tetap," kata dia.

Untuk diketahui, Umbaran sudah menjadi kontributor TVRI selama 14 tahun lamanya sejak tahun 2010. Di kepolisian, ia diketahui berasal dari Satuan Intelijen Keamanan (Satintelkam) Polri.

Dia menempuh pendidikan Sarjana Hukum di Universitas Negeri Semarang. Bahkan Umbaran pernah menjadi ketua panitia turnamen futsal lintas wartawan di Blora. Dia juga pernah terlibat dalam penyelenggara pilkades di Desa Tutup, Blora.

Saat bertugas sebagai wartawan, Umbaran bahkan ikut uji kompetensi dan lulus sebagai wartawan madya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya