Gunung Anak Krakatau Erupsi, Terjadi 2 Kali Letusan

Erupsi Gunung Anak Krakatau
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA Nasional – Jelang akhir tahun, Gunung Anak Krakatau (GAK) meletus dua kali pada Kamis, 15 Desember 2022. Ketinggian erupsinya mulai dari 100 meter hingga 700 meter dari atas puncak.

Abu Vulkanik Gunung Ruang Ganggu Penerbangan, Penutupan Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

Letusan pertama berketinggian 700 meter dari puncak gunung yang saat ini, ketinggiannya 157 meter. Kolom abu teramati berwarna kelabu, mengarah ke Timur Laut.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Erupsi itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 37 mm dan berdurasi 4 menit 46 detik, serta tidak terdengar suara dentuman.

Letusan kedua terjadi pukul 10.35 wib dengan ketinggian 100 meter di atas puncak. Kolom abu berwarna putih mengarah ke Timur Laut. 

Gunung Ruang Erupsi, 4 Penerbangan dari Soetta Menuju Manado Dibatalkan

Erupsi Gunung Anak Krakatau

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 7 mm, berdurasi 1 menit 9 detik, dan tidak terdengar suara dentuman.

Kedua laporan itu disusun oleh Jumono, petugas pos pantau GAK di Pasauran, Kabupaten Serang, Banten, kemudian diunggah ke Magma Indonesia, aplikasi resmi milik Kementrian ESDM.

Masyarakat, nelayan dan wisatawan diimbau tidak beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari gunung. Gunung berapi yang berlokasi di perairan Selat Sunda itu berstatus Siaga atau Level III.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya