Guspardi Minta Mendagri Panggil Gubernur Sulteng soal Polemik Sekda

Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PAN, Guspardi Gaus
Sumber :
  • DPR RI

VIVA Nasional – Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengatakan perlu klarifikasi (tabayyun) atas pernyataan Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura yang mempertanyakan proses penunjukan Novalina Wiswadewa sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tengah. Dia meminta Mendagri untuk menyelesaikan hal tersebut.

Mendagri Minta Pj Kepala Daerah Penuhi Kebutuhan Anggaran Pilkada 2024

“Tentu kita harapkan Mendagri untuk bisa duduk bersama untuk memanggil Gubernur yang bersangkutan apakah betul yang beliau sampaikan di media. Kan katanya mau ketemu Mendagri dan Presiden, artinya perlu tabayyub perlu klarifikasi,” ungkap Guspardi Jumat 16 Desember 2022.

Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus

Photo :
  • DPR RI
Jokowi Lihat Langsung Panen Raya di Sigi: Bagus Hasilnya Capai 6 Ton per Hektare

Anggota Fraksi PAN ini berpendapat, pernyataan yang saling tuding di media tak memberi pendidikan politik kepada masyarakat. Padahal, kepala daerah punya tanggungjawab moral mengedukasi masyarakatnya. 

“Kan kurang elok ini, dibaca oleh masyarakat. Inilah pengelolaan pemerintahan hari ini kan tidak memberikan pendidikan yang bagus kepada para ASN. Bisa saja para ASN karena begini modelnya dia akan melakukan hal yang sama. Ini jadi preseden buruk seandainya betul yang disampikan oleh Gubernur itu. Kita kan ndak tahu apa betul yang disampaikan itu,” beber Guspardi. 

Verrell Bramasta Lolos ke Senayan, Venna Melinda Doakan Dapat Jodoh: Bisa Jadi Teman Ibadah

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus

Photo :
  • ANTARA

Lebih jauh, Guspardi menekankan, agar tak berlarut, Mendagri bisa memanggil Rusdy untuk meminta penjelasan atas pernyataannya. 

“Jadi kalau dia tidak mau melantik, Mendagri sebagai pembina kepala daerah berhak memanggil di sinilah perlu penjelasan perlu tabayyun klarifikasi kenapa dari sisi pihak gubernur apa masalah coba sampaikan, pihak pemerintah juga jelaskan sehingga tidak menimbulkan hal yang tidak baik dalam penataan kelembagaan ini,” kata legislator dapil Sumbar ini

Gubernur Sulteng Rusdi Mastura bertemu pimpinan Satgas Madago Raya

Photo :
  • VIVA/Firman

Rusdy mengaku tidak mempersoalkan Surat Keputusan Presiden Nomor 146/TPA Tahun 2022, tertanggal 1 Desember 2022, yang menetapkan Novalina Wiswadewa sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng. Namun ia melihat ada yang ‘janggal’ dalam penunjukan Novalina. 

“Saya tidak mempersoalkan SK Presiden itu, saya hanya mempertanyakan prosesnya yang saya duga ada permainan,” kata Gubernur Rusdy Mastura, saat berpidato pada acara penyerahan bantuan Sarana dan Prasana Produksi Perikanan di Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng, kemarin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya