Perkuat Pariwisata di Dieng, Ganjar Tanam Pohon Kopi Bareng Petani Milenial

Ganjar Pranowo ikut menanam kopi di kawasan Dieng
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo ikut menanam 283.000 kopi di Kawasan Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara, Jateng. Ganjar menanam bersama 450 petani, petani milenial dan Kelompok Wanita Tani (KWT) setempat. 

Tak Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih, Ganjar: Tidak Dapat Undangan

Ganjar mengatakan, penanaman dilakukan untuk memperkuat pariwisata di Dieng. Selain itu, kata Ganjar, gerakan ini juga merupakan upaya untuk melakukan penghijauan di dataran tinggi tersebut.

"Ketika Dieng ini makin hari makin populer, dan banyak orang kreatif datang ke sini, kreatif pertama orang berwisata, banyak event. Terus kemudian banyak orang yang menjelajah," kata Ganjar, dikutip Jumat, 16 Desember 2022.

Prabowo ke Anies: Saya Pernah di Posisi Anda, Saya Tau Senyuman Anda Itu Berat Sekali

"Ini rasa-rasanya lingkungannya perlu kita jaga. Maka hari ini coba kita optimalkan beberapa lahan untuk menanam kopi," sambung dia.

HKTI Usulkan HPP Gabah Naik Jadi Rp6.757

Adapun, penanaman ratusan ribu kopi tersebut dilakukan di sejumlah tempat, yakni Batur, Kalibening, Pagetan, dan Pakuwaja. Di Batur, salah satu titiknya berada di lahan Warisan Cagar Budaya Candi Bima.

"Maka konservasi ini bagian yang kita harapkan nanti makin daerahnya hijau, makin subur, terus kemudian tanahnya terjaga, konservasi beberapa daerah terjaga," kata Ganjar.

Ganjar berharap, kopi yang ditanam bersama-sama ini akan memberikan manfaat kepada masyarakat. Ganjar mengajak wisatawan untuk minum kopi lokal Dieng yang sedap dan beraroma.

Di samping itu, Ganjar berpesan kepada pengelola wisata setempat dan wisatawan untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Ganjar menyebut sampah masih menjadi persoalan di wilayah Dieng.

"Saya lagi coba untuk berkomunikasi dengan banyak pihak agar mereka nanti berkenan untuk membantu pengolahan sampah yang ada di sini," kata Ganjar.

Sebelumnya, Ganjar aktif ikut menanam pohon untuk memperkuat pariwisata Jateng. Salah satunya dengan penanaman bibit pohon di lahan gersang Bukit Serut Singonegoro, Jiken, Blora, Jateng.

"Maka mumpung hujannya lagi banyak, ayo kita tanamkan sebanyak-banyaknya juga. Maka ini bisa menjadi tempat pariwisata yang bagus," kata Ganjar di lokasi, Rabu (26/10).

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar bersama mahasiswa, kelompok masyarakat, dan kelompok tani menanam 1.000 bibit pohon kenang, kantil, pule, serut, garu, alpukat, hingga cemara secara simbolis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya