Mahfud Bocorkan Sebentar Lagi Ada Tersangka Baru Kasus Mafia Tambang

Menko Polhukam Mahfud MD
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengatakan jika sebentar lagi polisi akan mengumumkan tersangka baru di kasus mafia tambang yang belakangan diketahui merupakan seorang purnawirawan jenderal. Sebelumnya Polisi sudah menetapkan Ismail bolong sebagai tersangka kasus mafia tambang di Kalimantan Timur.

Mayjen TNI Anton Resmi Jabat Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Gantikan Mayjen Haryanto

“Mungkin sebentar lagi akan ada pengumuman tersangka,” ujar Mahfud di kantornya, Sabtu 17 Desember 2022.

Menkopolhukam RI Mahfud MD

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden
Kejagung Bantah Kabar Pembukaan Blokir Rekening Harvey Moeis

Mahfud mengaku mendapat laporan adanya beking dari pensiunan Jenderal TNI dan Polri kepada mafia. Menurut dia, masalah beking mafia tanah maupun tambang ilegal itu sudah lama terjadi.

“Yang begitu tuh sudah lama. Kemarin saya tanya kepada Sesmenko ini, itu tentara kalau udah pensiun punya kekuatan apa Pak? Waduh laporan saya tuh banyak membeking orang, membekingi mafia, jenderal ini lah, jenderal itu,” kata Mahfud.

AHY Ogah Bebankan Prabowo soal Jatah Menteri Buat Demokrat

Ketua Kompolnas Mahfud MD

Photo :
  • Youtube DPR

Untuk itu, Mahfud meminta kepada aparat penegak hukum agar menindak tegas mafia maupun beking yang merupakan purnawirawan jenderal. Mungkin, kata dia, tak lama lagi akan ada pengumuman tersangka. Sebab, ia heran kenapa pensiunan jenderal masih punya kekuatan saat tak lagi aktif.

“Kalau begitu saya bilang, ambil. Saya sampaikan ke polisi, ambil dong, orang udah pensiun kok masih ini, lalu mau menggunakan apa” ujarnya.

Tentu, Mahfud yakin Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memiliki komitmen untuk memberantas mafia yang dibekingi pensiunan jenderal. Kemudian, ia juga meminta Polda jajaran tidak takut menegakkan hukum terhadap yang melanggar.

Menko Polhukam Mahfud MD.

Photo :
  • Instagram Mahfud MD @mohmahfudmd

“Saya bilang ke poldanya jangan dibiarkan dong kayak gini menguasai sebuah kompleks swasta tanpa izin, tanpa surat resmi, memungut uang dari masyarakat. Nah yang begitu tuh saudara yang kita saya Pak Kapolri, Pak Panglima berkomiten untuk menyelesaikan ini,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya