Jelang Natal dan Tahun Baru 2023, Bandara Ahmad Yani Buka Posko Terpadu

Persiapan jelang Nataru di Bandara Ahmad Yani Semarang.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA Nasional – PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang melakukan berbagai persiapan, dalam rangka persiapan pelayanan untuk pengguna jasa bandara pada libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. 

Bandara Dubai Banjir Hebat, Peristiwa Cuaca Bersejarah yang Mengguncang UEA

Kegiatan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para pengguna jasa, antara lain Second Party Audit, Airport Rescue & Fire Fighting Challenge, random checking, inspeksi bersama perwakilan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Heri Trisno Wibowo mengatakan, Second Party Audit atau Audit Pihak Kedua dilaksanakan pada tanggal 5 -13 Desember 2022. Kegiatan ini untuk memastikan standar pengelolaan diterapkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Viral Terekam Seorang Wanita Diam-diam dan Santai Merokok di Dalam Pesawat

Tim dari Bandara Ahmad Yani Semarang melakukan latihan penanganan peristiwa.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

"Kemudian, Airport Rescue & Fire Fighting Challenge dilakukan untuk memastikan performance petugas Airport Rescue & Fire Fighting (ARFF), dilaksanakan latihan bersama petugas ARFF dengan petugas PKP-PK Lanumas Ahmad Yani Semarang," ujarnya.

Tersangka Penembakan di Bandara Kuala Lumpur Coba Kabur dari Malaysia dengan Identitas Palsu

Ia menambahkan, untuk memastikan kesiapan fasilitas sisi udara dan sisi darat menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, telah dilaksanakan inspeksi bersama dengan tim dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia pada tanggal 13 dan 14 Desember 2022 dengan pengecekan landasan, taxiway, apron, manajemen keselamatan apron, airfield lighting system dan terminal.

Kemudian, airport security dan personel Lanumad melaksanakan langkah-langkah peningkatan kewaspadaan. Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan kendaraan di titik masuk menuju Bandara. Sebagai upaya pencegahan terhadap kejadian yang tidak diinginkan, hal itu dilakukan setiap hari secara acak dalam upaya memastikan tersedianya pelayanan yang aman dan nyaman bagi pengguna jasa.

Untuk Posko Terpadu Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, lanjutnya, dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023, dengan melibatkan para stakeholder terkait untuk memantau trafik pergerakan angkatan udara baik pesawat, penumpang dan kargo, serta memantau operasional keselamatan penerbangan dan keamanan bandara.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya