Cara Jitu Atasi Pencemaran Lingkungan!

Pencemaran Lingkungan
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA Nasional – Pencemaran lingkungan memang tak bisa dianggap remeh, karena jika dibiarkan limbah-limbah ini juga akan menjadi salah satu sarang penyakit dan merusak lingkungan. Gedung bertingkat, pabrik dan perumahan pun menjadi salah satu penyebab utama limbah baik itu jenis limbah padat maupun cair.
 
Tapi, Anda sebagai warga harus bijak dalam menangani permasalahan ini termasuk dengan menjaga lingkungan tetap bersih dengan membuang sampah pada tempatnya. Kali ini ada ulasan sederhana yang mungkin bisa membuka mata kita semua untuk peduli lingkungan, berikut ini ada tata cara mengatasi pencemaran lingkungan yang pas untuk safe earth!

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Kiat Sukses Atasi Pencemaran Lingkungan 

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi pencemaran lingkungan, di antaranya:

1. Membuat Tempat atau Instalasi Pengelolaan Limbah

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Salah satu tips utama yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga lingkungan adalah dengan membangun instalasi pengolahan limbah. Misalnya, Anda bisa menggunakan Septic Tank BIORICH untuk mengurangi limbah cair yang berbahaya yang bisa merusak ekosistem dan biota di air. 

Tangki septik adalah suatu kolam atau bak bersekat-sekat sehingga terbagi-bagi dalam beberapa ruang, biasanya terdapat di bawah tanah. Tangki septik merupakan tempat pembuangan yang dibuat dengan bahan yang kedap air sehingga air dalam tangki septik tidak dapat meresap ke tanah sehingga akan sangat ramah lingkungan.

Pameran Festival PPKL, MIND ID Paparkan Upaya Jaga Lingkungan

2. Pengelolaan dan Pemilahan Sampah yang Benar

Sampah memang menjadi pemicu utama pencemaran lingkungan. Ada beragam jenis sampah seperti organik dan anorganik. Jika Anda memiliki sampah organik seperti sampah sayuran, buah-buahan dan lainnya Anda bisa memanfaatkannya untuk pupuk kompos, begitu pula yang anorganik Anda bisa mendaur ulangnya. Kurangi pula pemakaian plastik.

Pencemaran Lingkungan

Photo :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

3. Lakukan Reboisasi atau Penghijauan

Salah satu upaya pencegahan pencemaran lingkungan adalah dengan melakukan reboisasi ataupun penghijauan. Karena keberadaan hutan sangat diperlukan untuk oksigen, bahan makanan. Karena jika kita tak memiliki pepohonan ini akan berdampak fatal pada lapisan ozon dan global warming.

4. Cobalah Bijak dalam Penggunaan Listriik

Anda bisa bijak dalam memakai listrik, artinya gunakanlah air secukupnya, matikan lampu jika siang hari hingga tidak menggunakan AC terlalu sering. Menghemat listrik bukan hanya untuk menghemat pengeluaran pembayaran token saja tetapi juga bisa mengurangi pembakaran bahan bakar fosil atau batu bara, hal ini dilakukan agar sumber daya alam tidak cepat habis.

Demikianlah ulasan mengenai tips menangani pencemaran lingkungan yang bisa Anda lakukan dan terapkan di rumah!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya