Kepala Suku Mamberamo Tengah ke Lukas Enembe: Siapa yang Gali Lubang, Dia Masuk Sendiri

Gubernur Papua Lukas Enembe saat menunjukkan obat yang dipakainya.
Sumber :
  • Tangkapan Layar video.

VIVA Nasional - Otonomi Khusus (Otsus) Papua jilid I yang sudah selesai dinilai belum optimal manfaatnya untuk provinsi paling timur di Tanah Air tersebut. Pelaksanaan Otsus Papua jilid II diharapkan bisa maksimal untuk kesejahtaraan rakyat Papua.

Iskandar Sitorus Bongkar Ciri-ciri Artis P yang Terlibat Kasus Korupsi Rp4 Triliun

Kepala Suku Mamberamo Tengah di Keerom, Pius Wanimbo menyampaikan demikian agar otsus jilid II bisa memberikan hasil sebagaimana yang diharapkan bersama. Pius mendukung KPK bila serius membersihkan perilaku koruptif oknum pejabat daerah di Papua. 

Menurutnya, jika KPK secara konsisten memeriksa dan menindak oknum pejabat yang terindikasi korupsi, maka otsus jilid dua bisa berikan hasil yang optimal.

Mantan Kajari Bondowoso Divonis 7 Tahun Penjara terkait Kasus Suap

“Otsus kemarin jilid satu itu, memang tidak sampai, tidak menyentuh ke masyarakat, yang lebih khusus itu masyarakat yang ada di daerah-daerah terpencil," kata Pius, dalam keterangannya yang dikutip pada Minggu, 18 Desember 2022.

Kepala Suku Mamberamo Tengah di Keerom, Pius Wanimbo

Photo :
Terungkap, Syahrul Yasin Limpo Pernah Minta Anak Buahnya Hapus Bukti Catatan Keuangan

Pius mengkritik pelaksanaan otsus jilid satu yang gagal karena pemerintah daerah atau pemda tidak pernah turun ke lapangan. Ia menyoroti koordinasi yang dilakukan pemda.

Pun, ia menyinggung saat otsus jilid dua diwacanakan, banyak tokoh masyarakat Papua yang menolaknya. Alasannya karena pelaksanaan otsus jilid I yang dianggap gagal sehingga untuk apa dilanjutkan. 

Namun, ia menceritakan dirinya dan 13 Kepala Suku dari Pegunungan Tengah yang berdomisili di Keerom, yang tergabung dalam wadah Rukun Keluarga Pegunungan Tengah (RKPT), sepakat mendukung otsus tetap dilanjutkan. Ia bilang demikian karena masyarakat Papua masih butuh otsus untuk mengejar ketertinggalan dari daerah lain di Indonesia.

“Pemerintah pusat sudah berikan dana (otsus), berarti tolong pemerintah daerah kelola dengan baik. Tolong diperhatikan pengangguran atau lapangan kerja yang banyak supaya tingkat pengangguran menurun,” jelas Pius.

Dia mengingatkan dalam pelaksanaan otsus jilid dua agar ada aspek pengawasan yang perlu dibenahi. Kata Pius, agar gubernur, bupati, dan OPD-OPD terkait bisa lebih rajin turun ke lapangan untuk memastikan kendala yang dihadapi. 

Pemeriksaan Gubernur Papua Lukas Enembe

Photo :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

Pius menyarakankan, agar Pemerintah bisa melibatkan komponen masyarakat seperti tokoh gereja dan tokoh adat dalam pengawasan otsus.

“Jadi pemerintah, adat, agama, tiga ini harus dilibatkan dalam pengawasan pengelolaan dana Otsus jilid dua,” tutur Pius.

Lantas, soal kasus hukum yang menjerat Gubernur Papua non aktif Lukas Enembe, Pius memberikan pandangannya. Status Lukas Enembe saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi oleh KPK.

Pius hanya mengingatkan agar gubernur selaku kepala daerah yang juga bagian dari Pemerintah bisa patuh. Ia berharap agar gubernur mematuhi pemerintah yang lebih tinggi dengan merujuk hukum. 

“Kita semua tahu bahwa ini negara hukum. Jadi, setiap orang yang berbuat salah pasti dihukum. Jadi, siapa yang gali lubang, dia masuk sendiri," lanjut Pius.

"Jadi, hukum ini kan berlaku untuk kami semua, seluruh rakyat Indonesia, berarti wajib (dipatuhi)," jelas Pius.

Lebih lanjut, Pius mengatakan bila dirinya yang tersangkut kasus hukum maka dirinya akan sadar diri akan dugaan kesalahan. 

"Saya pun kalau seandainya saya tahu punya kesalahan, saya tunggu panggilan dari aparat keamanan datang harus jemput saya, atau saya antarkan diri, karena kita patuh, kita taat,” ujar Pius.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya