Menikmati Keindahan Gunung Rinjani Nantinya Bisa Pakai Kereta Gantung

Groundbreaking ceremony kereta gantung taman hutan Rinjani
Sumber :
  • VIVA/Satria Zulfikar

VIVA Nasional – Proyek pembangunan kereta gantung di Gunung Rinjani resmi dimulai. Berjalannya proyek tersebut ditandai dengan acara Groundbreaking Ceremony Kereta Gantung Taman Hutan Rinjani di Desa Karang Sidemen, Batukliang Utara, Lombok Tengah, Minggu, 18 Desember 2022.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Perusahaan yang terlibat dalam proyek tersebut adalah PT. Indonesia Lombok Resort. Proyek tersebut ditargetkan rampung dalam kurun waktu tiga tahun atau 2025 mendatang.

Jennie BLACKPINK Difollow Camila Cabello, Bakal Kolaborasi?

Proyek tersebut diklaim menelan dana sebesar Rp 2,2 triliun dan dikerjakan di luar Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), sehingga diklaim tidak merusak alam.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah berharap SDM lokal mampu mengambil peran aktif saat proyek tersebut rampung.

Pangeran MBS Bangun Resor Mewah NEOM di Atas 'Darah' Warga Saudi

"Semoga masih ada waktu untuk mempersiapkan SDM lokal sehingga mampu berperan aktif dan tak jadi penonton," katanya.

Gunung Rinjani, Lombok.

Photo :
  • U-Report

Soal penolakan dari aktivis lingkungan, Zulkieflimansyah mengatakan hal itu karena kurang sosialisasi, sehingga ke depan akan digelar sosialisasi bahwa kereta gantung tersebut tidak merusak kawasan di Gunung Rinjani.

Dia mengatakan, keindahan Gunung Rinjani menjadi hak semua orang untuk bisa menikmatinya, khusus bagi yang tidak bisa mendaki. 

"Insya Allah pembangunan kereta gantung ini akan memungkinkan keindahan alam kita akan terlihat dari atas bagi yang tidak kuat mendaki," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya