Puslabfor Polri Selidiki Penyebab Kereta Teknis Proyek KCJB Anjlok, Human Error?

Kereta kerja di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) anjlok
Sumber :
  • FB

VIVA Nasional – Penyebab kecelakaan kereta teknis pada Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) tengah diselidiki. Tim dari Laboratorium Forensik (Labfor) hingga Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) turut turun tangan untuk menyelidiki kecelakaan tersebut.

Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

"Tim Labfor dari Mabes Polri, kemudian Inafis memback-up Polda Jawa Barat ya, Labfor cabang Jawa Barat, termasuk Inafis cabang Jawa Barat sudah turun ke TKP. Hari ini, Labfor dari Mabes Polri juga Inafis Mabes Polri juga turun untuk mengecek TKP bersama kementerian/lembaga mencari apa yang menjadi penyebab kecelakaan tersebut," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan, Senin, 19 Desember 2022.

Dedi menyebut, tim Labfor dan Inafis nantinya akan mengecek jalur lintasan hingga titik tubruk guna mengetahui penyebab kecelakaan tersebut. 

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

"Hari ini, kita cek semuanya yang menjadi jalur lintasannya, kemudian titik tubruknya kemudian kereta api yang digunakan uji coba tersebut. Semuanya akan kita cek semuanya," jelasnya.

Kereta kerja di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) anjlok

Photo :
  • FB
Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

Sebelumnya diberitakan, kereta teknis atau kereta kerja di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) anjlok alias terhempas keluar jalur para pada Minggu, 18 Desember 2022. 

Menurut informasi, rangkaian gerbong kereta kerja itu anjlok di wilayah Cipada-Cikalong, Bandung Barat. Kejadian tersebut terjadi pada Minggu sore sekitar pukul 17.05 WIB. Dari video yang beredar, rangkaian gerbong kereta terguling.

Dalam keterangannya, PT KCIC menyampaikan bahwa kejadian tersebut saat ini masih dalam investigasi pihak terkait, termasuk adanya informasi 4 tenaga kerja yang terluka. Kejadian ini diperkirakan terjadi di area Cipada - Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat. 

"Saat ini petugas kepolisian sudah tiba di lokasi dan melakukan pengamanan. KCIC akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk menginvestigasi insiden ini," tulis KCIC dalam keterangannya

Sementara itu, Kepolisian Daerah Jawa Barat menyebut insiden tersebut menelan korban jiwa. Baik korban luka-luka maupun meninggal dunia sudah dievakuasi ke rumah sakit di wilayah Bandung, Jawa Barat.

"Betul kejadian tadi sore (red-Minggu). Kita mengamankan TKP, lokasinya di Padalarang. Ada korban (meninggal), tapi masih diidentifikasi tepatnya berapa. Korban luka ada juga. Saat ini sudah dibawa ke RS Santosa," kata Direskrimum Polda Jabar Kombes Pol Yani Sudarto di lokasi.

Pihak Polda Jabar masih menyelidiki kasus tersebut untuk memperoleh kronologi sebenarnya anjloknya kereta teknis KCJB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya