Momen Laksamana Yudo Margono Salah Baca Sumpah Jabatan Panglima TNI

Presiden Jokowi lantik Laksamana Yudo Margono jadi Panglima TNI.
Sumber :
  • YouTube Setpres

VIVA Nasional - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI di Istana Negara pada Senin, 19 Desember 2022. Yudo dilantik jadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Saat momen pengambilan sumpah, Yudo sempat mengalami keliru saat mengucapkan kalimat terakhir. Hal itu membuat Jokowi mengulang kembali kalimat sumpah yang keliru tersebut.

Pengangkatan Laksamana TNI Yudo sebagai Panglima TNI ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 91/TNI/2022, yang ditandatangani Presiden Jokowi pada 19 Desember 2022. Setelah pembacaan sumpah, Yudo langsung tandatangan surat disaksikan Menteri Prabowo.

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Pelantikan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Sebelum diambil sumpah jabatan, Jokowi sempat menanyakan kepada Laksamana Yudo apakah bersedia diambil sumpahnya menurut agama Islam. "Bersedia," jawab Yudo.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Yudo pun mengikuti sumpah jabatan yang lebih dulu dibacakan oleh Jokowi.

‘Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan UUD RI 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara.

Bahwa saya, dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggungjawab. Bahwa saya, akan menjunjung tinggi sumpah prajurit’.

Namun, Laksamana Yudo salah mengucap sumpahnya kalimat terakhir ini. "Bahwa saya, akan menjunjung tinggi sikap prajurit," kata Yudo.

Jokowi mesti mengulang kembali kalimat terakhir sumpah tersebut. "Bahwa saya, akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," kata Jokowi.

Pun, akhirnya, Yudo mengucap sumpahnya sesuai dengan yang disampaikan Jokowi. "Bahwa saya, akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," kata Yudo.

Laksamana TNI Yudo Margono dilantik sebagai Panglima TNI

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Dalam acara pelantikan Panglima TNI, hadir Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto serta Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Lalu, hadir juga Jenderal Andika Perkasa memakai baju dinas warna hijau dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Kemudian, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

Selanjutnya, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman bersama Ketua Mahkamah Agung (MA) M. Syarifuddin dan Ketua DPR RI Puan Maharani juga hadir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya