Mahfud MD Sebut PR Panglima TNI Yudo Margono Menjaga Kedaulatan

Menko Polhukam Mahfud MD.
Sumber :
  • Instagram Mahfud MD @mohmahfudmd

VIVA Nasional – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengingatkan pekerjaan rumah (PR) Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang baru dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara pada Senin, 19 Desember 2022.

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

"(PR Panglima) kalau pandangan secara nasional ya menjaga kedaulatan, kedaulatan tuh ada teritori. Kalau teritori mungkin masalah laut, ya di laut-laut Indonesia yang sering dilewati kapal-kapal yang melanggar lintas batas, melanggar hak berdaulat itu kadangkala ada seperti halnya negara-negara lain itu teritorinya," kata Mahfud di Istana Negara.

Kemudian, kata Mahfud, kalau ideologinya separatisme dan radikalisme, tentu saja itu bagian dari pertahanan negara atau keutuhan ideologi. Tentu, hal tersebut menjadi tugas Panglima TNI.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD saat Penyampaian Catatan Akhir Tahun Menko Polhukam di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis, 15 Desember 2022.

Photo :
  • ANTARA/Syaiful Hakim

"Keutuhan ideologi itu adalah tugas Panglima dan nanti pencanangannya banyak di dalam tugas-tugas dan dalam sehari dua hari ini kami akan koordinasi," ujarnya.

Beri Selamat ke Prabowo-Gibran, Perindo Sampaikan 4 Sikap

Sementara Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan Presiden Jokowi sudah memberikan arahan bahwa tugas Panglima TNI yaitu menjaga kedaulatan, menjaga persatuan dan kesatuan, menjaga mempertahankan TNI yang menjadi kepercayaan masyarakat. "Tentu, itu jadi prioritas saya," kata Yudo.

Oleh karena itu, Yudo akan mendengarkan juga petuah dari mantan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat upacara serah terima jabatan (sertijab) nanti. Setelah itu, ia akan rapat internal dengan kepala staf angkatan.

Laksamana TNI Yudo Margono dilantik sebagai Panglima TNI

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

"Tentunya saya akan entry briefing dulu, kita kumpulkan dulu para staf, para kepala staf angkatan, staf TNI untuk merumuskan itu. Baru kita melangkah yang kemarin saya sampaikan sesuai program prioritas saya yang 4 itu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya