20.159 Orang Keluar Jakarta dari Stasiun Senen dan Gambir Hari Ini

Penumpang Kereta Jarak Jauh
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – PT KAI Daop 1 Jakarta memperkirakan jumlah volume penumpang yang menggunakan jasa kereta api (KA) meningkat hampir tiga kali lipat jika dibandingkan dengan natal dan tahun baru (nataru) tahun lalu.

Viral Oknum TNI Diduga Diam-diam Foto Penumpang di Kereta, Ini Kata KAI

"Sampai dengan Rabu, 21 Desember 2022, pemesanan tiket nataru keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual sekitar 251.888 untuk keberangkatan 22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023 (18 hari)," ujar Kepala Hubungan Masyarakat PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa kepada wartawan, Rabu 21 Desember 2022.

Armada Kereta Api Indonesia

Photo :
  • IG PT KAI @kai121_
Penumpang KAI Tembus 3,36 Juta saat Angkutan Lebaran 2024, Naik 18 Persen

Menurutnya, jumlah penjualan tiket tersebut masih akan terus bertambah. Hal itu karena penjualan masih berlangsung secara online. Masyarakat yang ingin menggunakan kereta api jarak jauh (KAJJ) pada masa nataru masih dapat melihat ketersediaan tiket pada aplikasi KAI Access, mengingat tiket KAJJ keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen masih tersedia. 

"Untuk hari ini pada Rabu, 21 Desember 2022 terdapat sekitar 8.789 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dengan layanan operasional 26 perjalanan KA. Untuk Stasiun Pasar Senen terdapat sekitar 11.370 penumpang berangkat dengan layanan operasional 24 perjalanan KA," katanya. 

98.432 Pemudik Kembali ke Jakarta Lewat Stasiun Pasar Senen

Rapid Test Antigen untuk Penumpang Kereta Jarak Jauh

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan karena tiket KA masa libur natal dan tahun baru 2023 sudah dapat dipesan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih. 

"Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi KAI Access juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket. Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI," kata dia.

Eva menambahkan, selain menempatkan alat material untuk siaga (AMUS) pada 29 titik untuk memastikan operasional KA masa bataru aman, Daop 1 Jakarta berkolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN-RI) melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan tes narkoba yang dilakukan kepada jajaran pekerja Daop 1 Jakarta.

Arus Balik Libur Penumpang Kereta Api

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Pemeriksaan kesehatan dan tes narkoba dilaksanakan di Klinik Mediska Manggarai yang diikuti sekitar 150 pekerja awak sarana perkeretaapian (ASP) yang terdiri dari masinis, asisten masinis, petugas layanan kereta, teknisi kereta api dan pengatur perjalanan kereta api (PPKA). 

"Pemeriksaan kesehatan dan tes narkoba dilakukan diluar pemeriksaan rutin yang dilakukan kepada ASP saat akan melaksanakan dinas," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, hal itu dilakukan guna memberikan jaminan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api (Perka) kepada para pelanggan KA, utamanya untuk menyambut angkutan natal 2022 dan tahun baru 2023, dengan meyakinkan bahwa crew KA yang sedang berdinas betul-betul dalam kondisi sehat dan performa terbaiknya. Selain itu, lanjut Eva, juga dalam rangka penanggulangan penggunaan narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (NAPZA) di lingkungan PT KAI Daop 1 Jakarta. 

"Persiapan di berbagai lini terus dilakukan agar angkutan nataru dapat berjalanan lancar, aman dan nyaman," katanya lagi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya