Arus Nataru di Tol Kalikangkung meningkat 70 %, Sehari 22 Ribu Kendaraan melintas

Kendaraan Melintas di Tol Kalikangkung Semarang Jelang Natal 2022
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

VIVA Nasional – Arus mudik yang terlihat di tol Kalikangkung, Kota Semarang, Jawa Tengah, mengalami peningkatan tajam menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

Dari catatan Posko Nataru di gerbang tol Kalikangkung pada Kamis kemarin, terhitung sejak pukul 00.00 hingga jam 24.00, ada 22 ribu kendaraan lebih dari arah Jakarta yang taping di exit tol Kalikangkung. 

Angka tersebut meningkat 70 %, dibanding hari biasa. Sedangkan dari arah sebaliknya atau Semarang menuju arah Jakarta, kendaraan yang melintas mencapai 18 ribu.
 
Begitu juga suasana di gerbang Tol Kalikangkung Semarang pada h-2 hari Raya Natal Jumat 23 Desember 2022 siang, tampak seluruh pintu masuk dipenuhi kendaraan yang melintas untuk taping kartu. 

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

Antrean kendaraan di belakangnya mencapai lebih dari 30 kendaraan pada setiap pintu. Terutama terjadi pada jam 9 pagi hingga jam 11 siang.
 
Untuk mempercepat taping, pengelola tol menugaskan beberapa personel yang membantu taping dengan alat tap mobile.
 
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, yang meninjau gerbang Tol Kalikangkung Jumat pagi hingga siang mengatakan, meski ada kenaikan, arus kendaraan mudik nataru sejauh ini masih terkendali dengan baik.
 
"Memang melonjak ya, sampai 70 % dibanding hari biasa. Tapi jumlah tersebut masih tergolong landai, masih lancar meski di gerbang tol ada antrean tapi tidak banyak, semua terkendali," jelasnya.

Puncak arus mudik nataru diprediksi akan terjadi pada hari Jumat ini dan Sabtu besok. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada hari Minggu pekan depan atau saat tahun baru.

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024


Laporan: Teguh Joko Sutrisno/ tvOne Jawa Tengah.

VIVA Otomotif: SPKLU di rest area untuk mobil listrik

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Anggota BPJT Unsur Masyarakat, Tulus Abadi menambahkan pihaknya juga sudah menyediakan SPKLU bagi pemudik, yang berkendara menggunakan mobil listrik di sejumlah rest area

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024