Libur Nataru, Tol Japek Selatan Akan Dibuka Urai Kepadatan Kendaraan dari Bandung

Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA Nasional – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Jasa Marga melalui anak usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) memastikan mengoperasikan secara fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 Km, untuk memecah kepadatan arus balik dari Bandung menuju Jakarta pada libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

PT JJS menyiapkan jalur fungsional sejak 23 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023 yang dibuka berdasarkan diskresi Kepolisian.

Viral Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung, Sopir Pontang-Panting Mengejar

Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan Charles Lendra menjelaskan, Jalan Tol Japek II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara yang beroperasi fungsional ini akan membantu mengurai kepadatan volume lalu lintas kendaraan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek tepatnya di Susun (SS) Dawuan Km 66, yang merupakan titik pertemuan lalu lintas dari arah Bandung yang melewati jalan Tol Cipularang, serta arus lalu lintas dari arah Trans Jawa yang melewati Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

“Yang menjadi pertimbangan lainnya adalah kondisi Jalan Provinsi (Jalan Industri) yang akan dilewati pengguna jalan kurang lebih sepanjang 15 Km menuju Karawang Timur atau sepanjang 22 km menuju Karawang Barat setelah melewati jalur fungsional ini," ujar Charles, Sabtu 24 Desember 2022.

Detik-detik Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jomo, Diduga Gegara Pecah Ban

"Atas dasar pertimbangan hal itulah, nantinya, kami akan memberikan rekomendasi kepada pihak Kepolisian sebagai dasar diskresi dibukanya jalur fungsional ini," terangnya.

Lokasi pembangunan Jalan tol Japek II Selatan.

Photo :
  • Dok. Jasa Marga

Charles menambahkan, Jalan Tol Fungsional Japek II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara hanya bisa dilewati oleh kendaraan golongan I non bus dengan kecepatan maksimum 60 km/jam. 

Jika dibuka, pengguna jalan dari arah Bandung dapat masuk Jalan Tol Fungsional Japek II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara melalui Km 77+100 Jalan Tol Cipularang arah Jakarta dan keluar melalui Gerbang Tol (GT) Kutanegara untuk melanjutkan perjalanan melalui Jalan Provinsi (Jalan Industri).

Selanjutnya untuk menuju arah Jakarta, pengguna jalan dapat masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Karawang Timur 1 atau GT Karawang Barat 1. “Yang berbeda di Nataru 2022/2023 kali ini, GT Kutanegara sudah dapat dilalui oleh pengguna jalan," katanya.

"Sebelumnya, pada saat periode Idul Fitri 1443 H, pengguna jalan melakukan transaksi di GT Sadang Fungsional. Namun kami ingatkan kembali, jalan tol fungsional ini tidak dikenakan tarif, tetapi pengguna jalan tetap harus melakukan tapping di GT Kutanegara,” tambahnya.

Charles merinci, di GT Kutanegara, pengguna jalan tetap akan membayar tarif tol Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) jika melakukan perjalanan dari gerbang tol di Jalan Tol Padaleunyi, dengan besaran tarif yang sama jika pengguna jalan keluar melalui GT Sadang jalan Tol Cipularang.

"Untuk memastikan perjalanan yang aman dan nyaman bagi pengguna jalan yang akan melalui Jalan Tol Fungsional Japek II Selatan, kami menyiagakan layanan operasional maupun layanan transaksi jalan tol. Di GT Kutanegara, kami menyediakan 6 gardu operasional yang dilengkapi dengan 2 unit _mobile reader._ Sementara itu dari sisi layanan lalu lintas, kami menyediakan 2 Mobile Customer Service (MCS),1 unit derek, 1 unit ambulans, 1 unit Patroli Jalan Raya (PJR), 1 unit Kamtib, 1 unit water tank, dan 1 unit patroli roda dua," tambahnya.

Jalan Tol Fungsional Japek II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara merupakan bagian dari Seksi 3 (Sukabungah-Sadang) sepanjang 31,25 kilometer, yang saat ini tengah menjadi prioritas pekerjaan proyek Jalan Tol Japek II Selatan. Total panjang keseluruhan jalan tol ini mencapai 62 kilometer yang terbagi atas 3 seksi, yaitu Seksi 1: Jatiasih-Setu sepanjang 9,3 kilometer, Seksi 2: Setu-Sukabungah sepanjang 21,45 kilometer dan Seksi 3: Sukabungah-Sadang sepanjang 31,25 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya