Pulang Kampung, Sultan DPD Pamerkan Potensi Wisata Danau Gedang ke Dubes Seychelles

Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin dan Dubes negara Seychelles Nico Baritho
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Senator asal Bengkulu yang juga merupakan Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin secara khusus mengundang Duta Besar (Dubes) negara Seychelles Nico Baritho untuk melihat potensi wisata dan kemaritiman di Provinsi Bengkulu.

Homestay di 21 Desa Wisata Sudah Disuntik SMF Rp 13,5 Miliar

Nico bagi Sultan merupakan duta besar dengan jaringan internasional dan sosok yang dikenal dekat dengan banyak pejabat di lingkungan pemerintah karena sumbangsih pikiran dan gagasannya yang produktif. 

"Beliau merupakan mantan sekjen urusan pemerintah daerah perserikatan bangsa-bangsa yang sangat memahami strategi pembangunan dan pengembangan potensi ekonomi suatu daerah. Kami sengaja mengundang beliau untuk memperkenalkan potensi wisata dan kemaritiman Bengkulu yang menurut kami belum dikelola secara optimal,” ungkap Sultan kepada awak media di Bengkulu pada Sabtu, 24 Desember 2022.

Senator DPD Anggap Kejagung Tidak Tebang Pilih

Seychelles, kata Sultan, merupakan negara kepulauan kecil di samudera Hindia yang sangat maju dalam mengembangkan potensi wisata. Di samping potensi kelautan dan perikanan yang cukup menentukan di dunia Internasional.

Pesan Ijeck saat Buka Ramadhan Wisata Rally IMI Sumut

"Tadi kami sudah mengunjungi dan melihat potensi wisata danau Gedang di Kabupaten Bengkulu Tengah. Keunikan danau yang bersebelahan langsung dengan samudera Hindia ini menarik perhatian Dubes Nico,” ujar mantan Wakil Gubernur Bengkulu itu.

Menurutnya, Bengkulu dan Seychelles memiliki kedekatan geografis yang penting untuk dihubungkan secara intensif dalam bentuk kerjasama bisnis yang saling menguntungkan.

Sementara itu, Dubes Nico mengaku cukup takjub dengan potensi wisata danau Gedang Bengkulu. Saya akan mengundang beberapa teman duta besar negara sahabat Indonesia seperti Dubes Inggris dan lainnya untuk Indonesia di Jakarta untuk mengunjungi tempat ini.

"Pengembangan wisata daerah harus berorientasi pada meningkatkan daya tarik wisatawan asing yang mengglobal. Demikian juga dengan pendekatan pengelolaan potensi industri perikanan dan hasil laut lainnya yang dibutuhkan pasar ekspor,” tegas Nico.

Lebih lanjut, Nico menerangkan bahwa pihaknya bersama Senator Sultan sedang mengkaji peluang kerjasama pengembangan industri perikanan di Bengkulu. Kami ingin menjadikan Bengkulu sebagai Hub bagi industri perikanan bagi semua negara di kawasan samudera Hindia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya