Kenang Ridwan Saidi, Ahmad Muzani: Almarhum Aktivis Tulen, Ensiklopedia Hidup

Ridwan Saidi
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA Nasional – Sekjen DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan dirinya sangat merasa kehilangan atas wafatnya budayawan Betawi, Ridwan Saidi. Diketahui, Ridwan Saidi meninggal dunia di RSPI, Tangerang Selatan pagi tadi setelah menjalani perawatan.

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban

Muzani mengatakan, bukan hanya dirinya yang kehilangan Ridwan Saidi, melainkan juga seluruh rakyat Indonesia. Sebab, menurutnya Ridwan Saidi bukan hanya seorang aktivis, tapi juga ensiklopedia hidup yang sangat memahami sejarah Indonesia.

"Kita semua kehilangan seorang tokoh, seorang aktivis tulen, seorang yang menjadi saksi dari setiap peristiwa sejarah. Beliau adalah ensiklopedia hidup yang bisa menceritakan setiap episode sejarah bangsa Indonesia,"  kata Muzani di rumah duka, Minggu, 25 Desember 2022.

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga

Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani.

Photo :
  • VIVA/ Lilis Khalisotussurur.

"Kita doakan, mudah-mudahan beliau husnul khatimah dan ini menjadi akhir yang baik dari semua perjalanan beliau. Beliau telah memperkaya masalah intelektual, tidak banyak tokoh yang terus menerus memberikan pengabdian kepada dunia pergerakan, salah satunya almarhum Ridwan Saidi," sambungnya.

Pemprov: Warga Jakarta yang NIK-nya Dinonaktifkan Bisa Ajukan Keberatan

Lebih jauh, Muzani mengatakan almarhum Ridwan Saidi rencananya akan dimakamkan setelah adzan Ashar di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak. Namun, terkait dengan waktu pemakaman akan dipastikan lebih lanjut pihak keluarga Ridwan Saidi.

"Ba'da ashar, akan dimakamkan rencananya di Karet Bivak," tandas Muzani.

Sebelumnya diberitakan, Budayawan Betawi, Ridwan Saidi dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Minggu, 25 Desember 2022 sekitar pukul 08.35 WIB. Kabar duka tersebut disampaikan pihak keluarga melalui keterangan tertulis.

Ridwan Saidi meninggal dunia setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Bintaro, Tangerang Selatan.

"Inna lillahi wa inna ilayhi roji’un. Telah berpulang dengan tenang Suami, Ayah dan Dato kami tercinta Bapak Ridwan Saidi, pada hari Ahad, 25 Desember 2023 pukul 08:35 di RSPI Bintaro Tangsel," kata pihak keluarga melalui keterangan tertulis.

Sementara itu anak dari Ridwan Saidi, Jihan sebelumnya juga membenarkan ayahnya tengah terbaring koma di RSPI, Bintaro, Tangerang Selatan. 

Dikatakan Jihan, ayahnya terbaring koma akibat  pecahnya pembuluh darah di batang otak. Jihan mengatakan hal itu terjadi pada Jumat pagi 23 Desember 2022.

“Kondisi Pak Ridwan koma akibat pecah pembuluh darah di batang otak pada Jumat 23 Desember pagi dan alhamdulillah sudah tertangani di rumah sakit,” kata Jihan saat dikonfirmasi awak media dikutip Sabtu 24 Desember 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya