Ketua DPD RI: Harga Energi Terbarukan Harus Terjangkau

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berharap pembahasan mengenai transisi energi dan misi pengurangan emisi karbon tahun 2023 harus disertai pembahasan harganya agar terjangkau masyarakat. Menurut dia, peluang energi terbarukan memang dibutuhkan upaya aksi nyata.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

"Agenda bersama terkait isu transisi energi dan misi pengurangan emisi karbon tahun 2023 diprediksi bukan hanya menjadi tantangan, tetapi bisa menjadi salah satu peluang pertumbuhan ekonomi,” kata LaNyalla melalui keterangannya pada Senin, 26 Desember 2022.

Ketua DPD RI LaNyalla

Photo :
  • Dokumentasi DPD RI
Bertemu Tony Blair, Menko Airlangga Bahas Inklusivitas Keuangan Hingga Stabilitas Geopolitik

Senator asal Jawa Timur ini mengingatkan pemerintah agar energi terbarukan harus bisa meringankan beban masyarakat. Sebab, kata dia, bagi masyarakat terpenting adalah harga listrik yang terjangkau dan cukup pasokan.

“Karena, roda ekonomi sulit bergerak jika tarif dasar listrik tidak terjangkau," ujarnya.

Sri Mulyani Bertemu Menkeu Selandia Baru, Ini yang Dibahas

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti (Foto/dok.DPD)

Photo :
  • vstory

Menurut dia, tarif dasar listrik yang tidak terjangkau masyarakat akan mengakibatkan biaya operasional melonjak dan berdampak kerugian pada usaha masyarakat. Kemudian, tingkat kesadaran masyarakat terkait dengan penggunaan energi terbarukan belum menjadi perhatian yang serius.

"Karena masyarakat masih berkutat dengan upaya peningkatan ekonomi akibat pandemi COVID-19. Hal ini merupakan tantangan yang cukup serius. Lalu, pemerintah jangan sampai menambahkan beban tersebut," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya