China Tawarkan Beasiswa Kedokteran Siswa RI

mahasiswa kedokteran di China
Sumber :

VIVAnews -- Pemerintah China-Indonesia berkerjasama memberikan kesempatan bagi siswa yang ingin menempuh pendidikan kedokteran di Chongqing Medical University, China. Jenjang pendidikan yang ditawarkan mulai dari dokter umum hingga kedokteran spesialis.

"Melalui Chongqing Medical University, pelajar Indonesia bisa kuliah di program International dengan mengggunakan bahasa Inggris bidang studi kedokteran barat, baik kedokteran umum (MBBS) maupun spesialis (Master)," kata Samuel Wiyono, Ketua Pertukaran Mahasiswa Beijing Language & Culture Institute  (BLCI) di Jakarta, Senin 7 Juni 2010.

Ia menjelaskan CQMU adalah universitas Pemerintah khusus kedokteran barat terkemuka di China, didirikan pada tahun 1956, sebagai cabang dari Shanghai First Medical College (sekarang Shanghai Medical College Fudan University).

Universitas di bidang kedokteran  bertaraf internasional ini berada di Kota Chongqing yg berpenduduk berkisar 30 juta, dan telah mendapat pengakuan dari  Kementrian Pendidikan China (Chinese Ministry Education), serta terdapat didaftar universitas ECFMG USA (Komite Pendidikan Lulusan Kedokteran Luar Negeri Amerika)  dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) .

"Jika mendapatkan beasiswa, mahasiswa Indonesia yang kuliah di fakultas kedoteran CQMU tidak perlu membayar uang kuliah alias gratis," ujarnya.

5 Fakta Mengerikan Timnas Indonesia Usai Singkirkan Korea Selatan di Piala Asia U-23

Biaya yang dikeluarkan, kata dia, paling hanya untuk transportasi, dokumen, biaya hidup sehari-hari dan tempat tinggal. Biaya hidup dan tempat tinggal kurang lebih sama bahkan cenderung lebih rendah dibandingkan biaya hidup di Jakarta.

Contohnya, untuk 3 x makan per orang sehari biasanya berkisar 20 RMB (setara Rp 27.000,- dengan kurs 1 RMB = Rp 1.350,-). Sedangkan sewa kamar di kampus untuk 2 orang berkisar 4.800 RMB/tahun (+ Rp 6,5 juta/tahun).

Sementara bagi mahasiswa yang belum menguasai bahasa Mandarin dapat langsung kuliah program gelar sehingga dapat menghemat waktu dan biaya. (hs)

Gedung Kampus UNU Gorontalo. (Foto: UNU Gorontalo).

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Kasus dugaan pelecehan yang dilakukan rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Gorontalo, Amir Halid kini terus berlanjut dan belasan korbannya sudah melapor ke Polisi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024