Cerita Wisatawan Terjebak di Karimunjawa gara-gara Cuaca Buruk dan Gelombang Tinggi

KM Kelimutu pengangkut ratusan wisatawan yang dievakuasi dari Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, akibat cuaca buruk, bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu, 28 Desember 2022.
Sumber :
  • ANTARA/Wisnu Adhi

VIVA Nasional – Ratusan wisatawan yang berhasil dievakuasi oleh petugas gabungan yang terjebak cuaca buruk di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, tiba dengan selamat di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 28 Desember 2022.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Kapal Motor (KM) Kelimutu milik PT Pelni yang mengangkut ratusan wisatawan tersebut bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas pada pukul 05.00 WIB.

Kedatangan wisatawan yang dievakuasi tersebut disambut Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta, Kepala Polres Jepara AKBP Warsono, Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq, dan Kepala Cabang Pelni Semarang Idayu Adi Rahajeng.

Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

Sejumlah wisatawan menuju KM Kelimutu yang bersandar di Pelabuhan Lagon Bajak Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, untuk diangkut menuju Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 27 Desember 2022.

Photo :
  • ANTARA

Salah seorang wisatawan yang dievakuasi, Imam Misbah (28 tahun), mengaku tertahan selama tujuh hari di Kepulauan Karimunjawa akibat cuaca buruk yang terjadi sejak 23 Desember.

Microbus Angkut 23 Wisatawan Masuk Jurang di Aceh Besar

“Harusnya saya berwisata selama empat hari atau pulang pada Minggu (25/12), karena cuaca buruk dan gelombang tinggi, tidak ada kapal penyeberangan yang beroperasi dari Karimunjawa ke Jepara,” kata warga Kabupaten Jepara itu.

Semua kebutuhan logistik wisatawan yang terjebak di Kepulauan Karimunjawa dipenuhi oleh pemerintah setempat, katanya. Dia memuji langkah responsif dan cepat pemerintah setempat yang memberikan berbagai fasilitas untuk para wisatawan sembari mereka menunggu evakuasi.

Wisatawan lainnya, Zaki (25 tahun), warga Bandung, mengatakan bahwa hampir setiap hari terjadi hujan di Kepulauan Karimunjawa. “Senang akhirnya saya bisa pulang ke Bandung, keluarga sudah menunggu di rumah,” katanya.

Pelabuhan Karimunjawa, Jawa Tengah

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno

Wisatawan domestik dan asing

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta yang hadir di Pelabuhan Tanjung Emas mengucap syukur dan terima kasih kepada aparatur Kementerian Perhubungan, PT Pelni, Pelindo, serta pihak terkait.

“Kami juga berterima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang luar biasa mendukung kami dalam memulangkan ratusan wisatawan dari Karimunjawa,” ujarnya.

Ia menyebut total ada 490 wisatawan yang dievakuasi menggunakan KM Kelimutu dari Karimunjawa dengan rincian 361 wisatawan domestik dan 69 wisatawan mancanegara.

Kepala Cabang Pelni Semarang Idayu Adi Rahajeng menambahkan KM Kelimutu dengan rute pelayaran Sampit-Semarang dideviasikan Kemenhub untuk membantu pemulangan ratusan wisatawan dari Karimunjawa yang terjebak cuaca buruk dan gelombang tinggi.

“KM Kelimutu ini seharusnya dari Sampit langsung ke Semarang, tapi karena ada penugasan membantu pemulangan wisatawan, sehingga kapal ini dideviasikan dulu dari Sampit ke Karimunjawa, baru kemudian ke Semarang,” katanya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya