Jokowi Minta KSAL Muhammad Ali Konsentrasi Jaga Kedaulatan RI di Laut

Presiden Jokowi, Panglima TNI Laksamana Yudo dan KSAL Laksamana Muhammad Ali
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo telah resmi melantik Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan sejumlah pesan kepada Ali, salah satunya yaitu untuk dapat menjaga kedaulatan Indonesia khususnya di wilayah laut.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Kita tahu dua per tiga Indonesia ini adalah air, adalah laut. Jadi konsentrasi untuk kedaulatan negara, utamanya di laut, itu yang jadi tanggung jawab besar dari Kasal yang baru, Pak Muhammad Ali," kata Jokowi usai pelantikan Ali sebagai KSAL di Istana Negara Jakarta, Rabu 28 Desember 2022.

Perbatasan Laut Natuna Utara China Selatan

Photo :
  • vstory
Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Jokowi meminta kepada Ali agar memfokuskan perhatiannya pada pulau-pulau yang ada di perbatasan. Kepala Negara menekankan pentingnya penjagaan yang kuat di wilayah perbatasan NKRI.

"Utamanya juga yang berkaitan dengan pulau-pulau perbatasan, itu harus menjadi titik perhatian. Itu saja," ujar Presiden.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Ali, menurut Jokowi, harus mampu mengatasi berbagai persoalan yang terjadi di wilayah laut perbatasan. Seperti salah satunya yaitu persoalan yang terjadi di Laut Cina Selatan.

"Tadi kan saya sampaikan perbatasan, yang berkaitan dengan perbatasan, utamanya laut, bukan perbatasan daratan, perbatasan yang berkaitan dengan laut," ujar Presiden

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengungkapkan alasan memilih Ali sebagai KSAL. Salah satu pertimbangannya adalah karena alumni Akademi Angkatan Laut angkatan ke-35 tahun 1989 itu dinilai memiliki segudang pengalaman dan punya kinerja yang baik

"Selalu saya melihat rekam jejak. Beliau ini kan pernah di Gubernur Akademi Angkatan Laut, pernah di Pangkoarmada (Panglima Komando Armada RI), pernah di Pangkogabwilhan (Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan), jadi pengalaman, rekam jejak itu menjadi selalu saya lihat, dan beliau memiliki 'leadership' yang baik," kata Jokowi.

Pelantikan Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai KSAL

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Ali menjadi Kasal menggantikan Laksamana Yudo Margono berdasarkan Keputusan Presiden No 100 TNI tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut. Ali juga mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Laksamana sesuai dengan Keputusan Presiden No 101 TNI 2022 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya