KSAL Muhammad Ali Siap Berantas Berbagai Penyelundupan di Laut RI

Laksamana TNI Muhammad Ali
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengaku siap menjalankan apa yang menjadi instruksi Jokowi untuk menjaga kedaulatan NKRI di lautan. Ali juga mengaku siap mengatasi berbagai persoalan yang terjadi di perairan Indonesia seperti di Laut Cina Selatan.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

"Dari Bapak Presiden sudah ditekankan bahwa penegakan kedaulatan dan penegakan hukum di laut, terutama di wilayah perbatasan di mana saja, tidak hanya Laut China Selatan, pokoknya di seluruh perbatasan laut harus ditingkatkan," kata Ali kepada awak media, di Istana Negara, Jakarta, Rabu 28 Desember 2022

VIVA Militer: Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Muhammad Ali

Photo :
  • Dispen Kogabwilhan I
Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Ali mengungkapkan, salah satu potensi kerawanan keamanan laut yang diidentifikasi adalah kegiatan penyelundupan, dan hal itu juga sudah menjadi bagian instruksi yang diterimanya dari Presiden Jokowi. Dia mengatakan ada instruksi dari Presiden untuk mengatasi berbagai kegiatan ilegal yang ada di lautan

"Bapak Presiden juga menekankan untuk mencegah, untuk menghentikan kegiatan penyelundupan maupun kegiatan ilegal di laut atau lewat laut lainnya," tambah Ali

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Selain itu, Ali juga mengaskan bahwa dirinya siap untuk melanjutkan berbagai program dan langkah positif yang dilakukan oleh Laksamana TNI Yudo Margono. Menurut Ali, Yudo telah banyak melakukan pengembangan dan pembangunan kekuatan Angkatan Laut Indonesia.

"Ini akan saya teruskan, kebijakan beliau akan saya teruskan dan mungkin ada beberapa pengembangan. Itu kita lihat hal-hal yang belum selesai kita selesaikan," Ujar Ali.

Sebagaimana diketahui, Ali dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 100 TNI Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut tertanggal 28 Desember 2022. Ali merupakan perwira tinggi TNI kelahiran 9 April 1967. 

VIVA Militer: Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Muhammad Ali

Photo :
  • Kogabwilhan I

Berdasarkan keterangan di laman resmi TNI, Muhammad Ali merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) 1989 angkatan ke-35. Ia telah melewati sejumlah pelatihan dan pendidikan militer seperti Dikpasiswa, Dikcawak Kasel dan Kursus Ausbildung Waffengerat U Boote 206 atau kursus kapal selam U-206 di Jerman  pada 1997.  

Ia juga tercatat pernah menjalani pendidikan Internasional PWO di Inggris pada 1998, International Submarine Warfare di Inggris pada 1999, dan Diklapa II Koum angkatan ke-14 pada 2000. Selain itu ia merupakan lulusan Sekolah Staf dan Komando AL angkatan ke 40 pada 2003. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya