MUI Sebut Sertifikasi Halal Es Krim Mixue Masih Diproses

Gerai Mixue yang mulai menjamir di Indonesia
Sumber :
  • Mixue

VIVA Nasional – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa, Asrorun Niam Soleh mengatakan bahwa sejauh ini proses sertifikasi halal untuk produk es krim Mixue masih dalam proses.

Indonesia and Uruguay Explore Cooperation in Halal Products

"Mixue sedang dalam proses sertifikasi," ujar Asrorun saat dikonfirmasi wartawan, Kamis 29 Desember 2022.

Kemudian, Asrorun pun menjelaskan audit untuk es krim Mixue tersebut saat ini telah dijalankan oleh auditor dari Lembaga Pemeriksa Halal (LPH). Namun, pihaknya masih harus menunggu untuk mendapatkan sertifikat halal tersebut, pasalnya masih ada beberapa bahan eskrim yang masih dalam proses pengecekan.

Uruguay dan Indonesia Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal

"Auditnya sudah selesai oleh Auditor LPH. Sedang menunggu sertifikat untuk beberapa bahan yang juga masih dalam proses," jelas Asrorun.

Mixue

Photo :
  • Istimewa
Heboh! Beredar Foto Pendeta Gilbert Peluk Bendera Israel

Diketahui, sejumlah netizen ramai mempertanyakan soal produk es krim Mixue sudah mengantongi sertifikasi halal atau belum.

Selanjutnya, pihak Mixue Indonesia pun langsung meresponnya melalui Instagram resminya @mixueindonesia. Admin instagram membenarkan produk es krim dan teh yang mereka jual belum memiliki sertifikasi halal.

"Saat ini memang benar Mixue belum memiliki sertifikat halal," tulis manajemen Mixue yang dirilis pada 27 Juli 2022 sekaligus menandai sebagai unggahan pertama di laman Instagramnya.

Pihak Mixue pun menegaskan belum memiliki sertifikat halal tidak sama dengan tidak halal. Mereka memastikan bahwa produknya itu tidak ada kandungan alkohol, rum atau babi di dalamnya.

Mixue mengklaim sudah mengurus sertifikat halal kepada otoritas halal di China sejak 2021 awal, tetapi hingga kini prosesnya belum selesai. Pihak manajemen beralasan lamanya pengurusan halal lantaran 90 persen bahan bakunya diimpor dari China.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya