Enam Jam Ditutup, Pelabuhan Merak Dibuka Kembali

Pelabuhan Merak.
Sumber :
  • Yandi D/VIVA.

VIVA Nasional – Setelah nyaris enam jam ditutup karena cuaca buruk, Pelabuhan Merak dan Bakauheni kembali dibuka pada Kamis, 29 Desember 2022, sekitar pukul 04.00 WIB. Kondisi cuaca secara umum di Kota Cilegon, Banten, terpantau mendung disertai angin.

Mudik Naik Sepeda Motor Bakal Diikuti Polisi Hingga ke Pelabuhan Ciwandan

"Setelah ditutup sekitar 6 jam pelayanan penyeberangan Merak - Bakauheni kini sudah kembali dibuka," ujar Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin, Kamis, 29 Desember 2022.

Penutupan pelabuhan di ujung barat Pulau Jawa itu menyebabkan antrean kendaraan hingga keluar Pelabuhan Merak. Hal ini disebabkan dermaga di dalam pelabuhan sudah penuh terisi kendaraan yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera.

Rekayasa Lalu Lintas saat Arus Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak

Pelabuhan Merak-Bakauheni.

Photo :
  • istimewa

Pengguna jasa penyeberangan yang terjebak antrean dan penutupan pelabuhan, tetap bisa menggunakan tiketnya yang hangus untuk meneruskan perjalanannya ke Pulau Sumatera ataupun sebaliknya.

Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi Selama Mudik Lebaran 2024, BMKG Minta Warga Waspada

"Pengguna jasa yang menunggu layanan tetap dapat melakukan penyeberangan pada pagi ini. Dan untuk yang memilih refund, akan dikembalikan secara penuh," ujarnya.

Masyarakat yang akan menyeberangi Selat Sunda atau pengguna jasa PT ASDP Indonesia Ferry diminta berhati-hati selama di perjalanan dan tidak memaksakan diri jika cuaca buruk.

Kantor PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak di Banten.

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan kondisi kendaraan siap menempuh rute jauh, agar tidak ada kendala di tengah perjalanan.

"Pengguna jasa penyeberangan agar lebih bijak dalam merencanakan perjalanan dengan kapal ferry di tengah cuaca ekstrem saat ini," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya