Pendekatan Humanisme Kapolda Banten Irjen Rudi Diapresiasi

Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto
Sumber :
  • VIVA/ Yandi Deslatama

VIVA Nasional - Program kinerja Kapolda Banten  Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho yang mengedepankan pendekatan humanisme ke masyarakat diapresiasi. Ada 12 program Irjen Rudy yang jadi perhatian.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Demikian disampaikan Ketua Bidang Hukum dan HAM Badko HMI Jabodetabeka-Banten, Mohammad Daud Loilatu. Menurut dia, selama dipercayakan jadi Kapolda Banten, Irjen Rudy punya program yang mengedapankan sikap humanisme.

Dia menekankan aparat kepolisian sebagai pengayom memang mesti dekat dengan masyarakat.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

"12 program kerja yang di jalankan oleh Pak Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho merupakan gagasan yang harus di dukung penuh. Mengingat, kepolisian memang harus lebih dekat lagi dengan masyarakat," kata Daud, dalam keteragannya, dikutip pada Jumat, 30 Desember 2022.

Ketua Bidang Hukum dan HAM Badko HMI Jabodetabeka-Banten, M. Daud Loilatu

Photo :
  • Istimewa
Ternyata Syarat Usia Minimal Punya SIM Tidak Semuanya 17 Tahun, Cek Aturannya

Daud mengatakan sikap humanisme itu bisa dengan menjadi Polisi yang empati hingga mendukung merajut keberagaman dalam merawat kebhinekaan. Dia menyebut sejumlah program Irjen Rudy jadi perhatian para kader HMI di wilayah Jabodetabeka-Banten.

Menurut dia, program itu antara lain Ngaji Bareng Kapolda, Rukun Ulama Umaro, Yuk ngopi wae, Subuhan keliling, Saba Pesantren, Sowan Sesepuh. Selain itu, ada Ronda Siskamling, Guyub TNI-Polri, Sinergi 3 Pilar, Warung Jum’at, Polisi sayang anak yatim, dan Penguatan manajemen media.

Ia mengatakan dengan program tersebut, Irjen Rudy berupaya menyesuaikan moto Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yakni Polri Presisi. 

"Di mana institusi Polri dituntut agar lebih dekat dan mangayomi masyarakat serta membangun kerja sama yang baik dengan semua elemen masyarakat maupun stakeholder lainnya," ujarnya.

Daud beraharap masyarakat Banten ikut mendukung program Irjen Rudy. Ia bilang program tersebut jadi bagian penting dari membangun hubungan yang baik antara institusi Polri dan masyarakat.

Pun, aktivis lainnya, Pendri Sitompul, menilai Irjen Rudy berhasil mengamankan wilayah Banten saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2022.

"Beliau mampu dan sukses membuktikan pengamanan di wilayah Banten tanpa ada problem apapun," ujar Pendri.

Pendri juga menyinggung yang patut jadi contoh dari Irjen Rudy yakni semangat pendidikan yang ditekuni olehnya. Sebab, hal terbukti dengan pemberian secara resmi gelar profesor dan Guru Besar dari Universitas Lampung (Unila).

"Terbukti ia merupakan salah satu profesor di salah satu perguran tinggi di Indonesia (Unila). Ini menjadi contoh terbaik dari Pak Kapolda Banten kepada kita semua pemuda Indonesia," tuturnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya