Banjir Stasiun Tawang Semarang Surut, Pelayanan Normal Kembali tapi Kereta Masih Terlambat

Stasiun Tawang Semarang
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

VIVA Nasional – Pelayanan di Stasiun Tawang Semarang hari ini Senin, 2 Januari sudah kembali normal setelah genangan air banjir bisa disedot. Seluruh bagian stasiun sudah kering dan para penumpang sudah bisa lagi boarding seperti biasa. Namun begitu jadwal perjalanan kereta api masih mengalami keterlambatan.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko mengatakan, seluruh titik rel yang terendam banjir pada petak Semarang Tawang - Alastua sudah surut dan dapat dilalui kembali oleh kereta api. 

"Alhamdulillah banjir sudah surut dan bisa dilalui oleh kereta api. Tapi masih dengan kecepatan terbatas ya, sehingga kepadatan perjalanan kereta api masih terjadi dan secara bertahap akan terurai," jelas Ixfan.

100 Kilometer Jalan di Jateng Rusak karena Banjir, Perbaikan Dikebut hingga H-7 Lebaran

Ia menambahkan, normalisasi pada titik-titik tersebut terus dilakukan sampai kecepatan kereta api menjadi normal. 

Sering Mabuk Perjalanan? Ini Cara Mengatasinya Ketika Mudik Lebaran

"Perbaikan berupa penambahan balas, pemadatan jalur, peninggian jalur rel, pembersihan saluran drainase di kanan kiri jalur rel, serta berbagai langkah lainnya untuk menormalkan kembali jalur KA," ungkapnya.

Dari pantauan di Stasiun Tawang hari ini, sejumlah kereta api terlambat datang ke stasiun sehingga keberangkatan penumpang pun juga terlambat. Antara lain KA Ambarawa Express dan KA Joglosemarkerto. Kedua kereta tersebut masing-masing terlambat 30 menit dan 15 menit dari jadwal. Lebih baik dari kemarin yang keterlambatan kereta api hingga 2 sampai 3 jam.

"Senang ya, ini stasiun sudah bersih, beda dengan kemarin yang saya lihat di TV itu banjirnya tinggi. Meski jadwal masih sedikit terlambat, ya wajar lah  namanya sedang pembenahan setelah banjir," kata Siboro, penumpang asal Purwokerto.

Dengan normalnya jalur rel di Semarang, maka pengalihan sebagian kereta yang sebelumnya dilakukan ke jalur selatan, kini sudah kembali ke rute normal. 

Laporan Teguh Joko Sutrisno/tvOne Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya