PeduliLindungi Akan Berubah Jadi Platform Satu Sehat, Ini Kegunaannya

Aplikasi PeduliLindungi.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bagaimana nasib aplikasi PeduliLindungi setelah kebijakan PPKM dicabut. Menurut Budi aplikasi PeduliLindungi akan digunakan sebagai bank data kesehatan individu yang juga dapat dimanfaatkan untuk melihat kesehatan populasi dalam platform Satu Sehat.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

"Nanti PeduliLindungi kita transformasikan ke platform Satu Sehat, dimana teman-teman yang punya bisa pakai, fungsinya bukan hanya vaksin dan scanning saja, tapi bisa tahu imunisasi anak yang sudah kita pakai apa saja, cek darah di laboratorium, general check up masuk, sampai video, CT scan, MRI masuk," kata Budi Gunadi di Kantor Presiden Jakarta pada Senin, 2 Januari 2023

Aplikasi PeduliLindungi.

Photo :
  • Dok. Istimewa
Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Pencabutan PPKM yang mulai dilakukan sejak 30 Desember 2022 lalu, membuat penggunaan aplikasi PeduliLindungi di sejumlah tempat umum pun tidak lagi diwajibkan. Budi mengatakan, pemerintah saat ini sedang menyusun sistem pemerintahan berbasis elektronik melalui platform Satu Data Indonesia yang berisi data kesehatan, keuangan, sosial hingga sumber daya alam.

"Kami adalah subsektor, dibuat sistem teknologi namanya 'Satu Sehat', bagian dari Satu Data. Kami diberikan deadline sampai 2023 agar semua fasilitas kesehatan, rumah sakit, puskesmas, klinik, apotek, laboratorium, harus terintegrasi datanya ke Satu Sehat supaya bisa dimanfaatkan masyarakat," ujar Budi

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Artinya, kata Budi, bila masyarakat membeli obat di apotek, data pembelian obat akan masuk ke Satu Sehat.

"Misalnya, pakai Apple atau Samsung Watch sudah langsung terintegrasi dan jadi milik individu, sekarang kan dimiliki fasilitas kesehatan. Nanti jadi milik individu, sehingga kalau dia sakit bisa share data ke dokter dan dokter bisa lihat record-nya seperti apa, wah rajin lari nih, jantungnya sehat, tapi beli obat di apotek untuk sakit perut," jelas Budi.

Dengan memiliki rekaman data kesehatan pasien langsung dari pasien tersebut, harapannya dokter jadi lebih cepat tahu penyakit pasien tersebut.

"Ini bisa digunakan oleh pemda, dinas kesehatan untuk memahami populatian health, kesehatan populasi di level desa, kecamatan, kabupaten kota, sehingga intervensinya lebih pas, spesifik berbasis data, efektif dan efisien," tambah Budi.

Pengunjung yang akan masuk ke Malang Town Square wajib menunjukan bukti vaksin dan aplikasi peduli lindungi.

Photo :
  • VIVA/Lucky Aditya

Budi Gunadi menyebut rencananya Satu Sehat selesai pada akhir 2023. "Akhir 2023 selesai, semua terintegrasi dan tahun 2024 tinggal memanfaatkan saja," kata Budi Gunadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya