Kronologi Penemuan Janin Bayi di Dalam Kloset Rumah Sakit Awaloei Manado, Diduga Ada Praktik Aborsi

Ilustrasi janin.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Nasional – Bikin geger! Petugas rumah sakit menemukan sesosok janin bayi di dalam kloset Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Awaloei Manado di Jalan Trans Sulawesi, Tately Satu, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, pada Senin 02 Januari 2023. 

RSUD Bayu Asih Purwakarta Klarifikasi Sangkaan Penolakan Penanganan Bayi Prematur

Penemuan janin bayi tersebut terjadi sekira pukul 15.05 Wita sore. Kasat Reskrim Polresta Manado, Kompol Sugeng Wahyudi Santoso membeberkan kronologinya. Sugeng mengatakan ada laporan dari petugas RS setempat yang menemukan sesosok janin bayi di dalam kloset. 

“Kita mendapat informasi bahwa telah ditemukan satu orok bayi di dalam kloset kamar mandi. Informasi yang didapat bahwa saat itu ada petugas Medis di Rumah Sakit Awaloei Manado bahwa toilet yang berada di ruangan IGD tersumbat,” jelasnya saat diwawancara di Mapolresta Manado, Selasa 03 Januari 2023 sore dilansir dari tvOnenews.com.

Anak Masuk Rumah Sakit, Ayu Dewi Sedih dan Minta Bantu Doa

Rumah Sakit Awaloei Manado

Photo :
  • tvOne

“Kemudian dia mengecek serta mengangkat kloset duduk dan mendapati orok bayi yang berada di permukaan pipa pembuangan kotoran, kemudian memberitahukan kepada Petugas Engineering dan melaporkan kejadian ini ke Polresta Manado,” tambahnya. 

Heboh, Ramalan Hard Gumay Soal Nagita Slavina Punya Anak Perempuan Jadi Kenyataan

Lebih lanjut, Sugeng juga menjelaskan saat itu pihak Inafis Polresta Manado langsung diterjunkan ke lokasi untuk melakukan olah TKP dan mengevakuasi bayi tersebut ke Rumah Sakit Bhayangkara Manado. 

“Saat itu juga didampingi tim kita dari Inafis melakukan pengangkatan Orok tersebut kemudian langsung dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Manado untuk diautopsi,” paparnya. 

Hingga saat ini Sat Reskrim Polresta Manado masih melakukan pemeriksaan para saksi. Selain itu, pihaknya juga akan mengecek CCTV guna mengungkap pelaku.

“Kita dari Sat Reskrim masih melakukan pemeriksaan saksi-saksi dan kita juga akan memeriksa CCTV dari Rumah Sakit Awaloei untuk mengungkap pelaku atau pemilik dari orok bayi tersebut,” ujar Sugeng.

Ilustrasi CCTV.

Photo :

“Kita harapkan dalam waktu satu atau dua hari ini kita dapat menemukan CCTV-nya dan dapat menemukan pelakunya,” imbuhnya. 

Sugeng juga menjelaskan terkait jenis kelamin dan usia dari bayi tersebut masih dilakukan pemeriksaan lanjutan di RS Bhayangkara Manado.  

“Untuk jenis kelamin belum diketahui pasti namun kami masih terus melakukan pendalaman untuk mengetahui juga usia dari janin tersebut,” tamdasnya. 

Saat ini Pihak kepolisian dari Polresta Manado masih terus melakukan pendalaman terkait temuan janin bayi tersebut apakah ini merupakan praktek aborsi atau murni keguguran akibat penyakit yang diderita pasien yang ada di rumah sakit swasta tersebut. 

Sementara itu, pihak RS Awaloei hingga Selasa 03 Januari 2023 malam, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon dan pesan singkat WhatsApp belum memberikan tanggapan atau klarifikasi kepada awak media terkait temuan mayat bayi di dalam toilet ruang IGD RS tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya