Tiba di Semarang, KRI Makassar-590 Siap Angkut BBM dan Logistik ke Karimunjawa

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat melihat KRI Makassar di Semarang.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA Nasional – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) telah mengirimkan KRI Makassar-590 untuk membantu pengiriman bahan bakar minyak (BBM) dan logistik ke Pulau Karimunjawa Jawa Tengah. Kapal perang tersebut terpantau telah sandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu, 4 Januari 2023.

Muhammadiyah: Prabowo Harus Menyerap Aspirasi Anies, Cak Imin, Ganjar, dan Mahfud

KRI Makassar-590 ini merupakan bantuan dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali. Sebelumnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah menghubungi KSAL mengenai permintaan bantuan kapal tersebut. Salah satu alasannya karena kapal BBM milik Pertamina tidak bisa mengirimkan pasokan BBM ke Karimunjawa karena gelombang laut yang tinggi.

“Kami dibantu oleh pak KSAL, kapal KRI ini dari Surabaya sampai ke Semarang alhamdulillah tadi malam sudah datang. Kalau hari ini Pertamina bisa loading truknya maka hari ini juga kita berangkatkan,” kata Ganjar saat meninjau kapal tersebut di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu, 4 Januari 2022. 

Pakar Sebut Fakta Mengejutkan soal BBM Pertalite

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat melihat KRI Makassar di Semarang.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

Saat meninjau kapal tersebut, Ganjar didampingi Komandan KRI Makassar-590 Mayor Laut (P) Hadi Subandi.

PSI Ungkap Sosok Gubernur yang Tepat Pimpin Jakarta

Ganjar mengungkapkan, bantuan yang akan dikirim berasal dari banyak sektor. Mulai Pertamina, PLN, BPBD dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

"Dari Pertamina mengirimkan BBM jenis Pertalite 30KL, Bio Solar 65KL, dan Dexlite 5KL. Sementara dari PLN mengirimkan 5 unit genset statis dan 2 unit genset crane. Kemudian ada beras 7 ton dari Pemprov serta sembako sebanyak 400 paket dari BPBD,” kata Ganjar.

Untuk mengantisipasi situasi cuaca yang tak pasti dan prediksi BMKG terkait gelombang tinggi, Ganjar akan koordinasi dengan KSAL agar KRI Makassar-590 bisa standby di Jawa Tengah untuk beberapa waktu ke depan.

"Hitung-hitungannya cuaca agak kencang anginnya berpindah ke selatan, mudah-mudahan yang utara sudah aman nanti normal lagi. Kalau sudah ya KRI nanti bisa pulang," ujarnya. 

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya